Begini Cara Merawat Helm dengan Benar!

Begini Cara Merawat Helm dengan Benar!

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com),- Merawat pelindung kepala alias helm, ternyata tidak sembarangan alias ada caranya. Merawat helm kesayangan dengan baik dan benar membuatnya bertahan lama, tidak mudah rusak dan bernilai jual tinggi. Berikut ini cara merawat helm dengan benar.

Anggota Komunitas “Belajar Helm”, Ratno, dilansir dari Liputan6, Senin (05/11/2018), mengungkapkan bahwa masih banyak pemilik helm sembarangan meletakkan helm setelah dipakai.

Menurut Ratno, setelah dipakai sebaiknya helm diletakkan secara terbalik. Dengan kata lain, lubang kepala berada di posisi bagian atas untuk membiarkan udara masuk.   

Tujuannya, kata Ratno, biar suhu di dalam helm berubah seperti halnya suhu ruangan. Soalnya, setelah dipakai hawa panas dalam helm akan mengendap lama. Dan seandainya dibiarkan, tentu akan berakibat buruk.  

Ratno menjelaskan, hawa panas yang mengendap pada helm akan memicu timbulnya bakteri, jamur dan bau. Selain itu, busa pada bagian helm juga akan cepat kempis dan kainnya cepat getas.  

Pada kesempatan itu, Ratno juga menyarankan pemilik helm tidak membersihkan helm dengan cara dihairdryer. Menurut dia, jika terkena panas hairdryer pori-pori busa helm akan berubah, rusak dan tidak bisa kembali ke bentuk semula.

Kalaupun dijemur, Ratno menambahkan, dirinya menyarankan agar pemilik helm tidak menjemur helm langsung di bawah terik matahari.

“Tapi cukup dengan diangin-anginkan saja,” katanya. (Deni/R4/HR-Online)