Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita CiamisBerharap Daerahnya Ditata, Warga Cimaragas Ciamis Sambut Baik Terbitnya RDTR

Berharap Daerahnya Ditata, Warga Cimaragas Ciamis Sambut Baik Terbitnya RDTR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sejumlah warga Cimaragas menyambut baik Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang diterbitkan Pemerintah Kabupaten Ciamis. Pasalnya, sebagai wilayah perbatasan Kecamatan Cimaragas masuk dalam agenda pembangunan yang terdapat pada RDTR.

Dafid Firdaus, warga Desa Beber, ketika ditemui HR, Selasa (27/11/2018), mengatakan, wilayah Kecamatan Cimaragas sudah sepantasnya mendapatkan porsi perhatian besar dari Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui program pembangunan.

“Selama ini, Cimaragas arah pembangunannya belum lengkap, karena Pemerintah Kabupaten Ciamis belum memiliki RDTR dan RTWR. Padahal wilayah Cimaragas berbatasan langsung dengan dua daerah, yaitu Kota Banjar dan Kabupaten Tasikmalaya,” ungkapnya.

Menurut Dafid, setelah Pemerintah Kabupaten Ciamis menerbitkan pedoman RDTR, maka sebagai warga Cimaragas pihaknya memberikan apersiasi dan dukungan penuh untuk penataan Cimaragas ke arah yang lebih baik.

“Jika dilihat dari tata letak daerah, Cimaragas sudah layak dibangun dengan konsep perkotaan. Terlebih sekarang sudah ada lokasi untuk tempat wisata yang sedang dibangun, yaitu Leuwi Keris,” katanya.

Senada dengan itu, tokoh masyarakat Cimaragas, Teten, ketika ditemui Koran HR, Selasa (27/11/2018), terbitnya pedoman RDTR menjadi salah satu tanda pembangunan di wilayah Cimaragas akan ditetapkan melalui DRTR dan RTRW.

“RDTR lahir maka tata ruang untuk Cimaragas jelas penataannya. Karena pemerintah tentunya akan membangun beberapa fasilitas, seperti alun-alun, terminal, pasar dan pusat pelayanan kesehatan, serta ditunjang dengan wilayah industri, pariwisata dan juga pertanian,” ungkapnya.

Selain itu, kata Teten, warga berharap pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Ciamis di Kecamatan Cimaragas nantinya juga berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

Merujuk pada RDTR, Teten menambahkan, pembangunan pembangunan alun-alun, pasar dan terminal tipe C, dilaksanakan di wilayah Desa Cimaragas, atau berdekatan dengan Kota Banjar.

Sementara itu, Camat Cimaragas, Supena Dipraja, ketika dihubungi Koran HR, Selasa (27/11/2018), berharap pembanggunan yang diagendakan Pemerintah Kabupaten Ciamis membawa pengaruh positif bagi masyarakat yang selama ini mendambakan perubahan. (es/Koran-HR)  

- Advertisment -