Buka Layanan Satu Atap Haji dan Umroh, Kemenag Pangandaran Gandeng Bank Permata Syariah dan Persib

Peresmian layanan satu atap haji dan umroh di kantor Kemenag Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran menggelar syukuran layanan satu atap haji dan umroh yang bekerjasama dengan Bank Permata Syariah dan Persib Bandung. Syukuran tersebut berlangsung di halaman Kantor Kemenag Pangandaran di Jalan Raya Cijulang, Rabu (7/11/2018).

Kepala Kemenag Pangandaran, Cece Hidayat, mengatakan, potensi peluang pendaftaran calon jamaah haji di Kabupaten Pangandaran dalam sebulan bisa mencapai 100 orang pendaftar dengan daftar tunggu sampai 16 tahun.

“Pelayanan satu atap pendaftaran haji sekarang sudah siap di Kantor Kemenag. Ini dalam rangka mempermudah membuka rekening dan setoran serta memberikan rasa aman kepada calon nasabah. Dalam prosesnya itu tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 30 menit sudah beres,” kata Cece Hidayat kepada HR Online.

Sementara itu, Head of Network Bank Permata Syariah, Mohammad Husni, mengatakan, inovasi layanan haji dan umroh satu atap ini diterapkan sejak tahun 2016. Sementara itu, total yang sudah kerjasama dengan Kantor Kementrian Agama se Indonesia ini merupakan yang ke-22, dan di Jawa Barat Kabupaten Pangandaran yang ke-10.

“Layanan satu atap ini untuk memudahkan jamaah dan keamanannya dalam membawa uang tunai, serta dipermudah dalam proses pembukaan rekening persyaratan cukup 1 lembar dokumen. Yang terpenting, jamaah jangan sampai menunggu lebih dari 30 menit,” imbuhnya.

Husni menambahkan, pada tahun 2014 peserta jamaah haji dan umroh sebanyak 102.000 orang dengan dana masuk sebesar 2,5 triliun. Sementara itu, 23 ribu jamaah di antaranya tersebar di Jawa Barat, seperti di Kabupanten Bandung, Karawang. Dengan adanya layanan ini, pihaknya berharap kemudahan bagi jamaah layanan satu atap ini hanya dengan cukup pindah tempat duduk saja.

“Nasabah harus menunggu 16 tahun untuk bisa berangkat haji. Ini merupakan kontribusi pertumbuhan ekonomi Syariah di Jawa Barat ini, khususnya di Pangandaran,” pungkas Mohammad Husni.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Pangandaran, H Adang Hadari, mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya layanan satu atap haji dan umrah di Kemenag yang bekerjasama dengan Bank Permata Syariah dan juga Persib Bandung.

“Kita berharap kepada Kanwil Kemenag Propinsi Jabar untuk kuota haji Pangandaran ditambah, mengingat daftar tunggu yang sampai 16 tahun,” kata H Adang Hadari. (Mad/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA