Bukan Takhayul, Ini Manfaat Bawang Merah jika Disimpan di Dalam Rumah

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Bahan makanan seperti jahe, kunyit, bawang merah atau putih dan lain sebagainya, ternyata bukan hanya sebagai bumbu masakan saja, melainkan bisa bermanfaat untuk kesehatan atau mencegah penyakit.

Salah satu bahan dapur yang dipakai untuk mencegah penyakit yaitu bawang merah. Bahkan, ramuan herbal yang menggunakan bawang merah sudah dipraktekan sejak ribuan tahun lalu oleh nenek moyang kita.

Pasalnya, manfaat bawang yang satu ini dipercaya bisa sebagai obat tradisional untuk mengatasi meriang, flu, masuk angin, batuk dan sebagainya.

Bahkan ketika terjadi wabah penyakit yang melanda benua Eropa sekitar tahun 1990-an, bawang merah sering dijadikan sebagai obat untuk mengatasi penyakit tersebut.

Manfaat bawang merah ini bukan hanya untuk di dalam tubuh saja. Di beberapa negara menggunakan bahan bumbu dapur ini untuk menangkal penyakit yang disimpan di dalam rumah. Bukan berarti percaya akan takhayul dengan mengusir ilmu hitam atau makhluk halus. Namun secara ilmiah sangat berkhasiat untuk kesehatan.

Masyarakat Amish yang adi di Amerika, dalam mengobati penyakit lebih suka menggunakan bahan alami ketimbang obat kimia. Biasanya jelang musim flu tiba, orang Amish meletakkan bawang di sekeliling rumah.

Untuk yang belum tahu, sebagai ‘penangkal’ virus dan bakteri, bawang merah juga bisa ditaruh di dalam rumah, seperti dekat tempat tidur.

Sebelum di taruh, bawang tersebut diiris terlebih dulu. Lalu masukan ke piring kecil atau bisa juga di mangkuk, kemudian simpan atau taruh di dalam kamar. Tutup kamar selama kurang lebih satu jam. Sesudah itu, dengan adanya bawang di dalam kamar, maka bisa membersihkan udara dari virus yang bisa menyebabkan penyakit.

Dengan irisan bawang yang pasti akan mengeluarkan bau sangat menyengat ini, juga efektif menetralisir udara dalam rumah serta ‘menghilangkan’ virus penyebab flu yang bersumber dari udara.

Ternyata, cara tersebut juga sering dilakukan oleh penduduk Inggris. Mereka meletakkan bawang merah yang diiris di sekitar pojok ruangan dalam rumah. Mereka mengklaim bawang tersebut dapat menjernihkan udara dari bakteri atau virus.

Khasiatnya lainnya dari bawang merah adalah untuk membantu melindungi dari serangan virus flu, membunuh organisme yang berbahaya, mendetoksi racun dalam hati (liver), meringankan resiko kanker, hal itu disebabkan karena adanya kandungan sulfur yang terdapat di dalamnya. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA