Bupati Pangandaran Minta Ronggeng Gunung Dilestarikan

Ronggeng gunung yang digelar Disdikpora Pangandaran dalam memeriahkan Milangkala Pangandaran ke-6. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kabupaten Pangandaran bukan hanya dikenal dengan wisata alamnya yang sangat mempesona, namun budayanya juga menarik banyak wisatawan, seperti halnya Ronggeng Gunung yang sudah diakui dunia lantaran sudah memasyarakat di Pangandaran.

Bupati Jeje Wiradinata, mengatakan, seni tari Ronggeng Gunung merupakan warisan leluhur orang Pangandaran. Maka dari itu, sudah semestinya orang Pangandaran menjaga dan melestarikannya.

“Kita harap lebih banyak lagi digelar ronggeng dalam berbagai kegiatan. Selain itu, seni lain khas Pangandaran juga perlu kita tampilkan dan juga ajarkan ke generasi penerus. Hal ini agar seni kita terus lestari,” katanya di sela-sela kegiatan ronggeng yang digelar Disdikpora Pangandaran.

Selain itu, Jeje juga mengharapkan seni ronggeng bisa dikemas lebih menarik lagi agar para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara semakin tertarik.

“Ke depan kita akan bangun sarana hiburan tradisional di lokasi wisata. Dengan begitu, para pengunjung yang datang ke sini semakin betah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadisdikpora Pangandaran, Surman, melalui Sekretaris Disdikpora, Agus Nurdin, mengatakan, pihkanya sangat mengapresiasi keinginan Bupati Pangandaran yang mengharapkan kesenian ronggeng gunung untuk selalu digelar dalam berbagai kesempatan.

“Belum lama ini kita juga mendapatkan medali emas dalam lomba olahraga tradisional tingkat Provinsi Jawa Barat. Seiring dengan harapan Pak Bupati, tentu sangat cocok sekali bila hal-hal yang sifatnya tradisional dilestarikan oleh semua kalangan,” katanya. (Ntang/Koran HR)

KOMENTAR ANDA