Cara Mengobati Rematik dengan Menggunakan Bahan Alami

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Rematik saat ini bukan hanya menyerang orang usia lanjut, namun anak muda dengan umur 30 tahunan juga bisa terserang. Hal itu bisa disebabkan karena pola makan yang buruk, rokok atau meminum minuman beralkohol.

Bagian tubuh yang terserang rematik bakal terasa panas dan sakit serta kaku. Pasalnya, rematik tersebut menyerang sendi kecil pada tubuh. Dan jika Anda terkena rematik sebaiknya jangan diabaikan, karena bisa mengakibatkan nyeri berlebih di sendi.

Lantas bagaimana cara mengobati rematik? Langkah yang tepat adalah dengan pergi ke dokter spesialias. Namun sebelum melakukan hal tersebut ada cara yang lebih mudah dan aman, yaitu dengan menggunakan ramuan alami.

Berikut ini cara mengobati rematik dengan menggunakan bahan alami yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# Jahe

Untuk mendapatkan bahan ini tidak lah sulit, karena banyak tersedia di pasar dan harganya pun murah. Jahe sering digunakan sebagai ramuan herbal yang sudah ada sejak dulu kala.

Ada berbagai macam jahe, namun yang khusus mengobati rematik adalah jahe merah. Kandungan yang ada di dalam jahe jenis ini salah satunya adalah nutrisi. Jahe merah juga terkenal sebagai terpedas di semua jenis jahe.

Dengan adanya kandungan anti inflamasi yang ada di dalam jahe, itulah yang menjadi ‘obat’ untuk mengobati rasa nyeri dan peradangan pada sendi.

Jahe juga dipercaya bisa mengatasi asam urat, nyeri pada sendi dan yang paling umum adalah meningkatkan imunitas pada tubuh serta melancarkan pencernaan. Sehingga tidak salah jika jahe sangat baik untuk kesehatan tubuh yang tidak ada efek sampingnya.

Cara membuatnya tidak lah sulit, cukup sediakan dua potong jahe kemudian dibersihkan menggunakan air bersih. Lalu potong tipis-tipis, kemudian potongan jangan yang tipis tersebut masukan ke dalam air rebusan, dan terakhir tambahkan gula merah secukupnya, biarkan sampai mendidih. Jika sudah mendidih diamkan sampai air rebusan jahe terasa hangat dan seduhkan ke dalam gelas.   

# Cengkeh

Cengkeh ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengobati rematik atau persendian lainnya. Namun hasil olahan cengkeh bukan untuk diminum seperti jahe, melainkan sebagai obat luar.

Cara membuatnya, ambil cengkeh secukupnya kemudian ditumbuk sampai halus, lalu tambahkan air kemudian diaduk sampai membentuk pasta.

Pasta dari cengkeh tersebut oleskan ke daerah yang terasa sakit yang disebabkan oleh rematik, dan biarkan sampai 10 atau 15 menit. Untuk hasil maksimal terus mengoleskan pasta cengkeh tersebut hingga rematik tidak terasa lagi.

# Kulit manggis

Cara mengobati rematik lainnya yaitu dengan menggunakan kulit manggis. Sebagai informasi di dalam kulit manggis terkandung antioksidan yang dapat mengatasi berbagai penyakit seperti rematik.

Untuk mengobatinya, kulit manggis yang sudah disiapkan dikeringkan, kemudian potong tipis-tipis lalu direbus sampai mendidih. Air hasil rebusan kulit manggis itu diminum.  

# Daun kelor

Ramuan herbal lainnya dengan memanfaatkan daun kelor. Sediakan tiga tangkai daun kelor yang ditambah dengan setengah sendok kapur sirih. Sebelumnya, bersihkan terlebih dulu daun kelor tersebut, lalu ditumbuk sampai halus dan menjadi pasta.

Karena sebagai obat luar maka pasta daun kelor yang dicampu dengan kapur sirih itu ditempelkan ke daerah yang terkena rematik.

# Alpukat

Di dalam buah alpukat mengandung lemak yang memberikan lubrikasi alami pada persendian tulang. Sehingga dengan rutin mengonsumsi alpukat sangat baik untuk mengatasi masalah rematik. bukan hanya obat, alpukat juga bisa mencegah terserang rematik serta sangat baik untuk jantung. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA