Catat! Ini Waktu yang Tidak Baik untuk Mandi, Berbahaya bagi Kesehatan

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Cuaca yang panas menjadikan tubuh banyak mengeluarkan keringat. Jika tidak segera mandi, rasanya tidak enak karena lengket dari keringat.

Bahkan dengan udara yang panas tersebut, mandi tidak cukup dua kali bisa jadi menjadi lebih. Tidak masalah mandi lebih dari dua kali, namun ada waktu yang tidak boleh untuk mandi.

Dikutip dari berbagai sumber, menurut ahli kesehatan ada tiga waktu yang tidak baik untuk mandi, karena tidak baik untuk kesehatan bahkan bisa mengakibatkan kematian mendadak.

Nah berikut ini waktu yang tidak baik untuk mandi.

# Setengah jam sesudah ashar

Hindari mandi di setengah jam setelah waktu ashar atau sore hari. Pasalnya, lewat dari pukul 16.00 WIB, keadaan darah di dalam tubuh masih dalam kondisi panas. Hal itu bisa membuat tubuh menjadi letih, lemas dan lelah.

Mandi pada jam seperti itu membuat tubuh dapat kaget serta dampaknya sangat tidak baik untuk kesehatan. Alasan lainnya, risiko terkena paru-paru basah, bahkan risiko serius adalah meninggal tiba-tiba, karena kondisi jantung dalam keadaan lemah.

Jika ingin mandi di sore hari, sebaiknya dilakukan sebelum waktu ashar. Karena, mandi di jam seperti itu, selain membuat tubuh menjadi segar juga bisa meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh, sehingga Anda tidak gampang terkena penyakit.

# Sesudah waktu magrib

Sesudah magrib atau jam 18.00 sampai 19.00 merupakan waktu yang tidak baik untuk mandi. Karena, di jam terseut keadaan jantung mulai melemah sesudah menjalankan kegiatan seharian.

Apabila memaksa mandi pada waktu itu, bisa membahayakan kesehatan pada tubuh. Seperti terkena paru-paru basah atau parahnya kematian tiba-tiba.

# Pukul 19.00 sampai 24.00

Demikian pula di waktu setelah isya atau sekitar pukul 19.00 sampai tengah malam. Karena, di waktu tersebut tubuh terutama jantung sudah mulai untuk beristirahat atau tidak melakukan aktivitas yang berat.

Masalah yang sering muncul apabila mandi di jam-jam ini kemungkinan besar akan terkena penyakit rematik. sama juga dengan yang di atas, jantung juga akan mengalami kerusakan.

Lantas di waktu apa yang sangat baik untuk mandi? Menurut para ahli kesehatan, disarankan mandi di jam 4 pagi hari atau sebelum waktu subuh. Pasalnya, di waktu tersebut air masih mempunyai kandungan ozon yang tinggi. Ozon tersebut bukan hanya membuat tubuh menjadi segar tapi juga sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Kemudian waktu lainnya yaitu sore hari atau sebelum pukul 16.00 WIB. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA