Curah Hujan Tinggi, Tanggul Sungai Cigedud Ciamis Jebol

Sungai Cigedud di Ciamis yang jebol akibat curah hujan tinggi. Hal itu disebabkan karena daerah ini rawan pergerakan tanah.Foto: Dokumentasi HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Ciamis dan sekitarnya membuat tanggul Sungai Cigedud yang berada di Desa Bunter, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis jebol pada Senin (05/11/2018) kemarin sekitar pukul 17.00 WIB.

Kepala Desa Bunter, Karso Rahman, mengatakan, jebolnya tanggul yang terjadi di wilayahnya tersebut panjangnya mencapai 10 meter dan lebar sekitar 3 meter.

“Akibat kejadian ini, sekitar 50 hektar sawah kemungkinan tidak mendapatkan pasokan air dari Sungai Cigedud tersebut. Pasalnya, air yang mengalir ke mana-mana,” kata Karso saat dihubungi HR Online, Rabu (07/11/2018).

Selain menyebabkan terganggunya aliran air, imbuh Karso, sawah seluas 4 bata yang berlokasi persis di dekat lokasi longsoran juga tertimbun material tanah. Sehingga, padi yang baru saja mekar rusak parah.

“Kita sudah laporkan kejadian ini ke Pemkab Ciamis melalui BPBD. Harapannya atas kejadian ini bisa ada upaya perbaikan dari pemerintah, meskipun nanti kita dari desa akan mengerahkan masyarakat untuk gotong royong membendung tanggul tersebut dengan alat seadanya. Kita tidak mau air yang sangat penting bagi petani tersendat akibat kejadian ini,” pungkasnya. (Fahmi/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA