Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita CiamisDalam Sepekan, 2 Bangunan di Ciamis Terbakar Gara-gara Tangku Pembakaran

Dalam Sepekan, 2 Bangunan di Ciamis Terbakar Gara-gara Tangku Pembakaran

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam sepekan ini terjadi dua peristiwa kebakaran di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Penyebabnya sama, yaitu terbakar gara-gara tangku pembakaran yang memercikan api dan membakar seluruh bangunan.

Data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daeerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Minggu (18/11/2018), kejadian pertama, yaitu terbakarnya pabrik kerupuk milik Apep Ibrahim (34), di Dusun Sukasari Desa Imbanagara Raya RT 03/RW 08 Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jum’at (16/11/2018) sekitar pukul 01.00 WIB.

Kebakaran pertama kali diketahui oleh Abdul Komar saat dirinya hendak pergi ke mesjid. Abdul saat itu melihat api sudah berkobar di bagian atap pabrik serta mengeluarkan bunyi ledakan kecil. Setelah melihat kejadian itu, dia langsung membangunkan warga lainnya hingga berhamburan. Warga langsung berusaha memadamkan api.

Karena api terus menyala di bagian tungku, warga dengan alat seadanya berjibaku memadamkan api agar tidak merambat ke tempat lain, terutama pada gardu listrik. Tak lama berselang, mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi dan melakukan pemadaman.

Beruntung, petugas Damkar bergerak cepat dan berhasil mencegah si jago merah menghanguskan seluruh bangunan. Hanya saja, akibat peristiwa ini, dilaporkan torn air terbakar, blower hangus, tungku pembakaran ambruk serta bagian depan bangunan yang biasa digunakan gudang kayu bakar turut terbakar. Akibat kejadian ini, korban ditaksir mengalami kerugian jutaan rupiah.

Pabrik kerupuk milik Apep Ibrahim (34), di Dusun Sukasari Desa Imbanagara Raya RT 03/RW 08 Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, terbakar, Jum’at (16/11/2018) sekitar pukul 01.00 WIB. Foto: Istimewa

Kejadian kedua sama terjadi pada Jum’at (16/11/2018) sekitar pukul 15.00 WIB. Dalam peristiwa ini, rumah milik Ikin Sodikin, di Dusun Desa RT 03/RW 10 Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, terbakar gara-gara tungku pembakaran menyambar gas.

Akibatnya, rumah semi permanen berukuran 6×4 m2, sebagian bangunannya, terutama ruang dapur, dilaporkan hangus terbakar. Pemadaman dilakukan oleh warga. Karena mobil damkar kesulitan memasuki lokasi karena sempitnya gang menuju ke rumah korban.

Masih pada pekan ini, kejadian kebakaran pun terjadi di Dusun Pasirtamiang Tonggoh, Desa Pasirtamiang, Kecamatan Cihaurbeuti, Kamis (15/11/2018) sekitar pukul 22.00 WIB. Dalam kejadian ini, rumah warga setempat dilaporkan hangus terbakar beserta perabot rumah tangganya. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. (R2/HR-Online)

- Advertisment -