Efektif dan Ampuh, Begini Cara Mengatasi Masuk Angin Tanpa Obat

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Hampir setiap orang pernah mengalami masuk angin. Umumnya, masuk angin dapat disebabkan karena beberapa kondisi tubuh yang tidak sehat, seperti radang atau infeksi yang terjadi di saluran pernapasan, saluran pencernaan atau banyaknya udara masuk ke dalam tubuh.

Tanda-tanda terkena masuk angin biasanya ditandai dengan sering bersendawa, mual, perut kembung, lesu, pusing, malahan bisa sampai muntah. Menurut istilah medis, orang yang mengalami gejala masuk angin disebut sebagai sindrom dispepsia.

Jika tidak segera diatasi, maka radang pada saluran pernapasan itu kemungkinan besar bakal timbul penyakit seperti pilek, batuk sampai demam tinggi.

Lantas bagaimana cara mengatasi masuk angin? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini tips mengatasi masuk angin dengan mudah tanpa obat-obatan.

# Minum air jahe

Sudah tidak aneh jika jahe sering dipakai sebagai obat herbal yang khasiat atau manfaatnya benar-benar terjamin. Salah satunya yaitu sebagai solusi atasi kembung dan memperlancar sirkulasi darah. Sehingga tidak salah jika jahe bisa dijadikan obat alami untuk yang mengobati masuk angin.

Membuat jahe sebagai obat herbal masuk angin tidaklah sulit. Siapkan jahe secukupnya kemudian diparut. Hasil parutan jahe tersebut direbus sampai mendidih kemudian disaring.  

Sangat enak jika diminum rebus jahe tersebut masih dalam keadaan hangat. Untuk Anda yang tidak menyukai rasa jahe yang pedas itu, bisa ditambahkan dengan gula merah atau madu.

# Lemon dan madu

Masuk angin terjadi karena kondisi tubuh yang tidak fit atau kurangnya vitamin C. Untuk itu, lemon bisa menjadi alternatif atau cara mengatasi masuk angin, karena buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C.

Sebenarnya banyak minuman yang bersumber dari buah lemon di toko-toko. Namun alangkah baiknya jika membuat sendiri minuman lemon. Lemon yang sudah diperas dicampurkan dengan teh dan madu.

Campuran teh, lemon dan madu mempunyai kandungan nutrisi yang komplit, dan berfungsi sebagai penambah sistem imun dalam tubuh serta meregenerasi sel tubuh.

# Makan dan minuman hangat

Cara jitu lainnya mengatasi masuk angin yaitu dengan mengonsumsi yang hangat, bisa dari teh hangat, soto atau sup. Dengan minuman dan makanan yang hangat itu bisa menjaga suhu tubuh tetap hangat, serta menjadikan perut terasa lebih enak.

# Bawang merah dan putih

Cara mengatasi masuk angin memakai bahan alami lainnya dengan bawang merah dan putih. Sama halnya seperti jahe, bawang merah dan putih juga bisa dijadikan sebagai obat tradisional terlebih untuk mengatasi masuk angin, bahkan sangat baik untuk anak-anak.

Bawang putih di dalamnya terkandung senyawa alicin yang tinggi, serta seperti antibiotik serta antioksidan alami. Sedangkan untuk memperlancar sirkulasi darah, menghangatkan badan serta angin berlebih yang ada di dalam perut bisa diluarkan dengan menggunakan bawang merah.  

Cara menggunakannya bisa dengan memakan dalam keadaan mentah atau dicampurkan dengan masakan sebagai bumbu.

# Rebusan daun pepaya

Rebusan air daun pepaya memang rasanya pahit, tapi jangan salah air ini juga sangat bermanfaat untuk mengusir masuk angin. Selain itu, rebusan daun pepaya ini mengandung antibiotik yang tinggi dan antioksidan, dimana sangat mujarab melindungi sistem imun tubuh supaya tidak gampang terkena penyakit.

Untuk membuat ramuan mujarab dari daun pepaya tidaklah sulit. Setelah disiapkan empat sampai lima lembar serta satu liter air bersih, langsung masukkan ke dalam panci lalu direbus sampai menyisakan setengahnya. Dan diminum selagi hangat.

# Pijat

Cara mengatasi masuk angin yang terakhir yaitu dengan pijat di seluruh tubuh. Pijat masih menjadi cara tradisional yang paling sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia, karena selain enak juga khasiatnya begitu besar.

Dipijat oleh orang yang sudah ahlinya tentu sudah mengetahui titik yang bisa mengeluarkan angin berlebih di dalam tubuh. Setelah dipijat, angin yang ada di dalam tubuh akan keluar bisa lewar kentut atau sendawa. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA