Eks Rumah Dinas Camat di Ciamis Ini tak Terawat

Bangunan bekas rumah dinas Camat yang berada di wilayah Desa Buniseri, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, sudah lama tidak terawat. Foto : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bangunan bekas (eks) rumah dinas Camat yang berada di wilayah Desa Buniseri, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, sudah lama tidak terawat. Selain kondisi bangunan mulai rusak, halamannya pun terkesan kumuh karena ditumbuhi ilalang.

Tedi, warga Desa Buniseri, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, menyayangkan banggunan bekas rumah dinas Camat dibiarkan begitu saja tanpa ada yang merawatnya. Menurut dia, alangkah baiknya jika bangunan dan tanah milik pemerintah itu dipelihara dengan baik.

“Kondisi bangunan mulai lapuk di makan usia, di halaman bangunan pun dipenuhi rerumputan liar, sehingga terkesan sareukseuk dan kumuh,” katanya.

Senada dengan itu, Maman, warga setempat, ketika diminta tanggapan, menilai, selama tidak ada yang merawatnya, bangunan bekas rumah dinas Camat tersebut selamanya akan terkesan kumuh dan sareukseuk.

“Sekarang, meski bangunan itu digunakan untuk gedung Pramuka, tapi jika tidak ada yang bertanggungjawab merawatnya, percuma saja. Seharusnya, yang sekarang menggunakan dan memanfaatkannya, bertanggungjawab memeliharanya,” kata Maman.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Cipaku, Kemal A. Barnas, dihubungi Koran HR pekan lalu, mengaku pihaknya selalu membersihkan bangunan rumah dinas Camat tersebut.

“Tapi selama tidak ada penghuninya, dipastikan kondisi bangunannya bakal seperti itu,” katanya.

Informasi yang berhasil dihimpun Koran HR, hampir semua aset pemerintah daerah yang ada di wilayah kecamatan mayoritas tidak terawat dengan baik.

Diantaranya, bangunan eks Kamantren Pakunagara di Desa Bangbayang yang akhirnya ambruk. Kemudian nasib serupa juga dialami eks Kantor Kecamatan Kawali. Untuk merawatnya, pemerintah perlu menyiapkan petugas khusus atau juru pelihara. (dji/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA