Ini Koki Pindang Gunung Makanan Khas Pangandaran yang Mendunia

Enci Sarsih, koki makanan khas Pangandaran Pindang Gunung. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sajian Kuliner khas Pangandaran Pindang Gunung terbanyak pecahkan rekor Muri. Sebanyak 2018 porsi telah disahkan dan piagam penghargaan Muri diberikan kepada penyelenggara PSDKU Unpad yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Pemkab Pangandaran, serta koki Kuliner khas Pangandaran ini.

Diketahui, koki makanan khas  ini adalah Ketua Gabungan Organisaai Wanita (GOW) Kecamatan Pangandaran, Enci Sarsih.

Saat dikonfirmasi HR Online, Enci mengungkapkan jika dirinya mulai mempromosikan kuliner pindang gunung pasca bencana tsunami tahun 2006 silam. Dirinya bekerjasama dengan dinas pariwisata dan organisasi pariwisata dunia (UN-WTO) serta mulai berani mempublikasikan di televisi.

“Pernah diminta masak pindang saat shooting bareng Parah Quin di Televisi. Adapun rasa yang khas dari kuliner ini adalah rasa asam alami honje dan pedas menggunakan ikan yang segar dan fresh,” ungkap Enci Sarsih, Sabtu (24/11/2018).

Enci Sarsih menambahkan, resep masakan khusus pindang yang diolahnya sudah sangat familiar di kalangan pariwisata, dari tingkat daerah sampai pusat, dari Kementrian Pariwisata dan juga Orang-orang UNWTO sering minta dibuatkan kuliner khas Pangandaran pindang ini.

“Pernah juga pada acara HSBC yang terdiri dari 16 Negara meminta saya memasak pindang, dan alhmdulilah sambutan mereka sangat senang dan menikmati kuliner tersebut,” jelasnya

Pada acara Pemecahan Rekor Muri ini, dirinya juga diminta untuk menjadi koki dan meracik bumbu resep kuliner khas Pangandaran yang digagas oleh PSDKU Universitas Padjadjaran.

“Pembuatannya melibatkan kader PKK tiap Kecamatan 5 orang dengan resep bumbu dan saya yang meraciknya,” kata Enci Sarsih lagi.

Untuk bumbu pemecahan rekor ini, sebut Enci, menghabiskan anggaran sekitar Rp. 2,5 juta terdiri dari jahe, kunyit, bawang putih, cabe rawit, terasi dan penyedap honje, serta menghabiskan ikan segar 2,5 kwintal ikan kakap, tongkol, mangmung.

“Dari 2,5 kwintal ikan 50 kilogram ikan segar 1 kilogramnya bisa menjadi 10 porsi, jadi kita membuat sebanyak 2.500 porsi seluruhnya dan Alhamdulillah rekor Muri sajian khas kuliner Pangandaran pun terpecahkan,” pungkas Enci Sarsih. (Mad/R6/HR-Online)