Jangan Pakai Obat Dulu, Coba Pakai Cara Ini untuk Mengobati Sakit Tenggorokan

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Hampir setiap orang pernah mengalami sakit tenggorokan. Meski bukan sesuatu hal yang serius, namun orang yang mengalami sangat tenggorokan akan terasa tersiksa. Pasalnya, saat menelan baik makanan atau lainnya akan terasa sakit.

Penyakit yang mengganggu tenggorokan ini jika dibiarkan saja akan menjadi sangat serius, yaitu bakal terkenal radang tenggorokan. Bahkan sakit tenggorokan biasanya menjadi ciri-ciri akan terkena penyakit flu atau pilek yang disertai dengan batuk.   

Apabila diindikasikan bukan hal serius, sakit tenggorokan ini bakal hilang selang beberapa hari. Tapi, alangkah baiknya lebih cepat untuk mengobati karena ditakutkan akan merembet ke penyakit seperti batuk dan lainnya.

Untuk mengobati sakit tenggorokan, tidak ada salahnya jika melakukan hal-hal berikut ini yang diklaim lebih aman karena menggunakan bahan alami.

# Banyak minum air putih

Cara mengobati sakit tenggorokan lainnya yaitu dengan banyak minum air putih. Pasalnya, orang yang terkena sakit pada tenggorokan membutuhkan asupan air yang banyak.

Dengan banyaknya air tersebut, maka bisa membuat air liur serta lendir dengan jumlah yang tidak sedikit. Dengan begitu, tenggorokan akan menjadi lembab dan dapat mengurangi radang serta bengkak.

Air putih juga bisa membuat selaput lendir tidak mengering, agar dapat bekerja secara maksimal untuk memberantas bakteri serta yang mengakibatkan iritasi misalnya alergen.

Minum air putih bisa membuat tubuh tetap hidrasi, sehingga membantu menjaga sistem kekebakalan pada tubuh tetap bekerja dengan optimal, guna menghambat terjadinya flu atau sakit tenggorokan yang lebih parah.

# Kumur menggunakan air garam

Sakit tenggorokan dapat menimbulkan rasa sakit, sehingga menjadikan tidak nyaman saat makan. Untuk meminalisir sakit tenggorokan, bisa dengan menggunakan air yang dicampur dengan garam.

Khasiat kumur-kumur dengan air garam sudah teruji dari riset yang dilakukan oleh ahli. Manfaat dari air garam tersebut bisa mengempeskan bengkak pada tenggorokan, kemudian membunuh bakteri.

Cara membuatnya tidak sulit, tinggal campurkan air hangat dengan satu sendok garam secukupnya. Sebelum dikumur terlebih dulu air campuran garam itu diaduk terlebih dulu.

# Kayu manis tambah madu

Mengobati sakit tenggorokan lainnya menggunakan kayu manis ditambah dengan madu. Bubuk kayu manis yang sudah disiapkan dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air panas. Kemudian ditambah dengan 2 sendok madu.

Hirup uap yang berasal dari campuran air panas, kayu manis dengan madu itu. Apabila sudah hangat, air campuran tersebut bisa Anda minum.

Kayu manis ternyata mempunyai manfaat untuk menghambat berkembangnya mikroba dan mikroorganisme lainnya, sehingga tidak salah jika kayu manis bisa dikatakan sebagai antimikroba.

# Teh lemon campur madu

Cara mengobati sakit tenggorokan yang terakhir dengan minum teh lemin yang dicampur dengan madu.

Lemon mempunyai sifat astringent yang dapat mengempeskan bengkak di tenggorokan serta membuat lingkungan asam yang bisa membunuh bakteri atau virus yang mengakibatkan iritasi.

Bukan hanya itu, buah yang satu ini juga berguna untuk menguraikan lendir. Sedangkan madu bermanfaat melindungi kekebalan tubuh yang membantu menjaga dari bakteri.

Alangkah baiknya dikonsumsi saat masih dalam keadaan hangat. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA