Jelang Porsenitas Kunci Bersama ke-VII, Ketersediaan Hotel di Banjar Bukan Kendala

Baligho Porsenitas Kunci Bersama ke-VII Kota Banjar. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Event Pekan Olahraga dan Seni Regional Daerah Perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah, atau Kunci Bersama (Porsenitas) ke-VII bakal digelar di Kota Banjar, Jawa Barat, pada tanggal 3-6 Desember 2018 mendatang. Kegiatan tersebut dipusatkan di dua tempat, yaitu Sport Center Langensari dan Taman Kota Banjar.

Ketua Panitia, Nana Suryana, yang juga selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Banjar, mengatakan bahwa, kegiatan tersebut sudah disiapkan dengan matang. Bahkan, hingga saat ini tak menemui kendala berarti, meskipun nantinya membutuhkan fasilitas penginapan bagi ribuan peserta anggota Kunci Bersama.

“Pada prinsipnya sudah siap dilaksanakan. Secara teknis pun tidak ada kendala, karena apa-apa yang sudah diprediksi tidak ada ganjalan, bisa berjalan dengan lancar,” katanya, kepada Koran HR, saat ditemui usai rapat persiapan teknis terakhir bersama Disdikbud dan DKUMKMP Kota Banjar dan tim panitia lainnya, di Aula Dispora Kota Banjar, Senin (19/11/2018).

Menurut Nana, kendala yang dihadapi hanya faktor musim saja atau cuaca, karena pembukaan rencananya akan dilakukan sore hari, dan rangkaian kegiatan lainnya berlangsung hingga malam. Sedangkan, mengenai ketersedian hotel/penginapan, hal itu tidak menjadi kendala.

“Untuk jauh-jauh hari peserta luar daerah sudah booking hotel seadanya yang ada di Kota Banjar. Sebagain peserta lagi di homestay atau sewa rumah penduduk. Cuma memang untuk peserta dari Kabupaten Brebes menginap di hotel yang ada di Ciamis. Untuk Kabupaten Pangandaran sebagian menginap dan sebagian pulang pergi Pangandaran-Banjar,” terangnya.

Lebih lanjut Nana mengatakan, rangkaian kegiatan Porsenitas akan diawali dengan acara Welcome Party bertempat di Setda Kota Banjar, pada Minggu malam (02/12/2018), pukul 19.00 WIB. Dalam acara tersebut, semua Bupati/Walikota dari daerah Kunci Bersama direncanakan siap hadir.

Kemudian esok harinya, Senin sore (03/12/2018), pukul 15.000 WIB, digelar acara pembukaan untuk umum yang bertempat di Stadion Sport Center Langensari. Dilanjutkan pada malam harinya, pukul 19.00WIB, acara pembukaan khusus pameran produk unggulan di Taman Kota Lapang Bhakti Banjar.

Selain pameran produk unggulan UMKM dan investasi daerah, dalam pameran tersebut juga ditampilkan berbagai pentas seni dari seluruh anggota Kunci Bersama selama tiga hari berturut-turut sampai acara penutupan, Kamis (06/12/2018).

Kepala Bidang Olahraga (Dispora) Kota Banjar, Adeng Hendrawan, di dampingi, Kasi. Olahraga Prestasi, Dewi Kurniasih, menambahkan, pada dasarnya persiapan Porsenitas sudah dimaksimalkan dan tinggal menunggu hari H-nya saja.

“Persiapannya sudah 70 persen, melengkapi sisa yang belum dan insya Allah pada waktunya semua siap. Segala bentuk akomodasi, peralatan, jenis kegiatan olahraga, seni, pameran, sudah siap,” tandas Adeng.

Dia menjelaskan, pihak selain bertanggungjawab sebagai kesekretariatan, juga membidangi kegiatan olahraga. Ada 12 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan, diantaranya bola voly, bulutangkis, catur, sepak bola, tenis meja, tenis lapangan, dan olahraga tradisonal serta golf (eksibisi).

“Sport Center untuk lokasi pertandingan bola voly, sepak bola, tenis meja, dan olahraga tradisional. Sedangkan, untuk bulutangkis akan dilaksanakan di GOR Genta, catur di aula perkantoran Cikadu, tenis lapangan di lapang tenis BBWSC, dan golf (eksibisi) di padang golf BBWSC,” terang Adeng.

Sementara itu, Kabid Perdagangan DKUMKMP Kota Banjar, Mamat Rahmat, penanggung jawab kegiatan pameran produk unggulan dan investasi daerah, juga mengaku kalau pihaknya sudah sangat siap, dan koordinasi terus berjalan lancar sesama tim panitia kota.

“Koordinasi dengan daerah anggota Kunci Bersama kita lakukan guna segala sesuatunya lancar. Intinya, diteknis yang kita garap sudah siap,” katanya.

Mamat menambahkan, giat Banjar Expo 2018 nanti meliputi kegiatan Bazzar UMKM, pameran investasi dari dinas daerah Kunci Bersama, serta dari sejumlah perusahaan, display elektronik dan otomotif, kuliner, coffe corner, dan banyak lagi.

Diketahui, Porsenitas Kunci Bersama ini diikuti lima kabupaten dan dua kota dari Provinsi Jabar, yaitu Kabupaten Kuningan, Ciamis, Pangandaran, Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kota Cirebon, Kota Banjar, serta dua kabupaten dari Provinsi Jateng, yaitu Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes. Anggota masing-masing kontingen diperkirakan sebanyak 200 orang, dengan jumlah keseluruhan mencapai 1.500 orang. (Nanks/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA