Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita CiamisLewat PKM Kemenristek Dikti, Mahasiswa Unigal Ciamis Dimotivasi Lakukan Penelitian

Lewat PKM Kemenristek Dikti, Mahasiswa Unigal Ciamis Dimotivasi Lakukan Penelitian

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Mahasiswa Unigal Ciamis didorong untuk mengikuti program kreatifitas mahasiswa (PKM) yang didanai pemerintah pusat melalui Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Republik Indonesia.

Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Unigal, Nurdiana Mulyantini, SE.,MM, ketika ditemui Koran HR, Selasa (06/11/2018), mengatakan, pihaknya sengaja menggelar pelatihan penyusunan proposal bagi mahasiswa untuk mengikuti PKM.

“Banyak mahasiswa yang mungkin belum berpengalaman, sehingga kami bantu untuk mengarahkan. Harapannya, nanti banyak proposal dari mahasiswa FE yang bisa lolos untuk didanai Kemenristek Dikti,” katanya.

Nurdiana menuturkan, sebelum ada kegiatan pelatihan, proposal yang diajukan dan didanai Kemenristek Dikti relatif sedikit. Namun semenjak ada pelatihan, ada peningkatan jumlah proposal yang disetujui.

Menurut Nurdiana, penelitian dan pengabdian masyarakat merupakan dua pilar yang diusung dalam Tri Dharma PerguruanTinggi. Dan Unigal merupakan salah satu Universitas yang mengedepankan kedua kegiatan tersebut.

“Selain itu, kami juga memfasilitasi serta memotivasi dosen dan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat,” katanya.

Perwakilan dari Kemenristek Dikti, Dr. Tendy Y. Ramadin, S.Des, M.T (Arch), mengatakan, PKM merupakan program Dirjen Dikti bagi mahasiswa untuk mengembangkan kreatifitasnya menjawab permasalahan masyarakat.

“Mahasiswa dapat menyalurkan ide atau gagasan cemerlangnya dalam bentuk karya tulis dan proposal kegiatan. Fokus PKM-nya pada penelitian, penerapan teknologi, kewirausahaan, pengabdian masyarakat dan karya cipta. Sedangkan untuk karya tulis, fokusnya pada gagasan tertulis dan artikel ilmiah,” katanya.

Tendy menjelaskan, mahasiswa akan didampingi dosen saat membuat karya tulis dan proposal kegiatan. Satu karya tulis atau proposal, tidak dikerjakan sendirian melainkan oleh satu kelompok.

“Lulusan perguruan tinggi itu dituntut memiliki empat keterampilan, yakni academic, knowledgethinking dan communication. Tapi untuk mencapai empat pilar itu, dapat ditempuh melalui PKM. Makanya, ayo mahasiswa membuat hal nyata dengan penelitian yang baik untuk masyarakat,” ujarnya.

Wakil Rektor III Unigal, Dr. Ida Farida, S.H.,M.H, mengapresiasi upaya Fakultas Ekonomi mendorong mahasiswa Unigal untuk mengikuti kegiatan penelitian dan pengabdian yang dikemas dalam program kreatifitas mahasiswa dari Kemenristek Dikti.

“Kami juga mengimbau fakultas lain untuk merangsang mahasiswanya mengikuti kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” tandasnya.

Ida menambahkan, tahun ini pihaknya menargetkan sebanyak 25 orang mahasiswa bisa mendapatkan bantuan dana dari Kemenristek Dikti untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (Heri/Koran HR)

- Advertisment -