Lewat Seni Theater, Siswa SMAN 1 Pamarican Diajarkan Berbagai Kemampuan

Penampilan seni theater siswa SMAN 1 Pamarican. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ratusan siswa SMAN 1 Pamarican memadati Gedung Koperasi Pamarican (GKP), Senin (05/11/2018). Mereka mendatangi gedung tersebut untuk menyaksikan pentas seni theater karya.

Anggi Gustina, salah satu guru, mengatakan, pentas seni theater tersebut merupakan karya siswanya yang mana persiapan dan latihan dengan matang.

“Kebetulan tahun ini SMAN 1 Pamarican mendapat giliran menampilkan kebolehannya dalam bidang seni. Kegiatan ini juga disaksikan langsung oleh Dinas Kebudayaan Ciamis dan penulis dari Sanggar Rengganis. Sementara itu, dalam penampilan ini, siswa mengangkat cerita sejarah Ciungwanara,” jelasnya kepada HR Online.

Anggi menambahkan, melalui pentas seni theater tersebut diharapkan menjadi daya tarik sendiri untuk lebih cinta terhadap sejarah, baik siswa itu sendiri maupun para pemerannya. Untuk pemeran sendiri tidak hanya dituntut untuk memerankan tokoh dalam sejarah saja, akan tetapi harus bisa menguasai seni tari dan olah suara.

Wakasek Kesiswaan, Yadi Suryadi, mengatakan, seni theater tersebut merupakan sebuah pendidikan siswa yang sangat mengarah terhadap penguasaan emosional. Sehingga, pendidikan dalam penerapan karakter tersebut juga mengajarkan siswa untuk bisa mengatur teknik pengambilan gambar, lighting maupung editing.

“Dalam pentas ini kita arahkan untuk bisa membuat film dokumenter. Alhamdulillah berkat dukungan semua pihak, siswa kita Insya Alloh bisa bersaing dan terus berkreasi serta berinovasi,” pungkasnya. (Suherman/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA