Longsor Rusak Irigasi, Pasokan Air 200 Hektar Sawah di Ciamis Ini Terganggu

Saluran irigasi Nangela yang terdampak longsor. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis merusak saluran irigasi Nangela. Akibat kejadian ini, pasokan air untuk mengairi sawah di tiga desa terhambat lantaran saluran irigasi terbawa longsoran.

Menurut Ujang, salah seorang warga, mengatakan, dirinya mengetahui setelah diberitahu oleh petugas pintu air pagi hari yang mana aliran air terpaksa ditutup karena saluran air hancur terbawa longsor.

“Sekitar pukul 07.00 WIB saya ditelepon petugas pintu air bahwa air terpaksa ditutup karena jalur irigasi hancur karena longsoran. Setelah itu saya langsung melihat ke lokasi yang disampaikan petugas pintu air,” ungkapnya kepada HR Online, Sabtu (24/11/2018).

Adapun dampak longsoran ini, kata Ujang, setidaknya 200 hektar sawah pasokan airnya terhambat, yakni di Desa Salakaria Kecamatan Sukadana, Desa Mekarsari dan Selacai Kecamatan Cipaku.

“Setelah ditinjau ke lokasi, ternyata panjang longsoran yang menghancurkan saluran irigasi sekitar 50 meter dan tinggi mencapai 20 meter. Longsoran juga merusak tanaman padi milik warga,” ujarnya.

Atas kejadian ini, pihaknya langsung melaporkan kepada pemerintah kecamatan dan juga dilaporkan kepada pihak Pemerintah Kabupaten Ciamis dengan harapan saluran irigasi tersebut bisa diperbaiki. (Es/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA