Menakjubkan, Ini Khasiat Buah Zuriat Bagi Kesehatan

Buah Zuriat yang terkenal dengan berbagai khasiatnya bagi kesehatan. Foto: Muhafid/HR

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Memiliki tubuh yang sehat sudah tentu menjadi dambaan hampir semua orang. Berbagai cara pun dilakukan orang untuk mendapatkan badan yang sehat, baik dengan mengontrol konsumsi makanan maupun dengan berolahraga. Nah, untuk menambah referensi agar tubuh Anda tetap sehat bisa mengkonsumsi buah ajaib asal Timur Tengah yang bernama buah zuriat (buah keturunan). Buah ini dikatakan ajaib karena khasiat buah zuriat sangat terkenal dan tidak perlu diragukan lagi manfaatnya.

Perlu Anda ketahui, buah zuriat yang memiliki nama lain buah hawa, buah adam dan buah doum ini tumbuh di wilayah Timur Tengah seperti di Makkah maupun Madinah. Sementara itu, buah ini juga tumbuh di wilayah Mesir, Sudan dan sekitarnya.

Ciri-ciri buah ini hampir mirip dengan buah manggis ataupun sawo yang berwarna coklat. Sesuai asal tumbuh buah ini, jika di wilayah Arab Saudi maupun di Madinah memiliki warga kecoklatan dan beraroma hampir mirip seperti kopi. Buah ini sangat terkenal bagi jamaah haji ataupun umroh yang biasanya menjadikan oleh-oleh untuk saudaranya yang sedang program hami (promil) atau hanya untuk kesehatan. Sedangkan yang berasal dari Mesir, Sudan dan Negara sekitarnya berwarna coklat muda memiliki aroma hampir mirip dengan sarang lebah yang agak menyengat rasa manisnya.

Dari segi fisik buah ini terbilang sangat keras apabila buahnya sudah matang. Pasalnya, sebelum mengkonsumsi buah ini perlu membelahnya dengan alat yang kuat, seperti kombinasi golok dan palu. Tidak hanya bagian luar yang sangat keras, bagian bijinya yang mirip dengan kelapa versi mini buah zuriat juga sangat keras.

Adapun khasiat buah zuriat ini selain untuk pasangan yang promil, juga sangat baik untuk kesehatan. Pasalnya, buah ini bisa mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi). Cara penggunaannya sangat mudah, yakni dengan mengkonsumsi langsung buahnya yang masih mentah secara teratur. Saat masih mentah, buah ini bisa dimakan langsung karena kenyal. Namun jika sudah matang akan keras sekali seperti yang banyak beredar di Indonesia untuk promil.

Manfaat selanjutnya adalah bisa mencegah dan mengatasi stress. Kandungan antioksidan phytochemical, igning, hydroxycinnamates, flavonoid dan kumarin dalam buah ini sangat baik dalam  mengatasi stress oksidatif. Maka dari itu, jika Anda sering mengalami gejala seperti ini, tidak ada salahnya untuk mencoba buah doum ini.

Selain itu, buah ini juga bisa menangkal radikal bebas, pencegah kanker, mencegah dan mengobati alergi, mencegah penuaan dini atau obat awet muda, mengobati luka, maupun mengobati sembelit serta manfaat yang sangat banyak sekali bagi kesehatan.

Sementara untuk cara mengkonsumsi buah ini bagi pasangan yang sedang promil adalah dengan cara membelahnya menjadi beberapa bagian. Setelah itu, buah ini direbus menggunakan air sebanyak 6 gelas dan tunggu hingga menjadi 2 gelas. Selanjutnya, minumlah air rebusan ini bersama pasangan pada pagi dan malam hari. Baiknya, dalam mengkonsumsi ini harus dilakukan selama 40 hari berturut-turut. Sebagai catatan, buah zuriat ini bisa direbus hingga beberapa kali sampai air rebusan berwarna bening dan tidak lagi seperti teh.

Kaitannya dengan harga buah ini di pasaran, per satu buah bisa dibanderol mulai Rp. 15 ribu hingga Rp 20 ribu. Anda juga bisa membelinya dengan ukuran kilogram. Untuk menyiasati agar lebih murah bisa juga dengan membeli yang kembar. Jika masih kesulitan mencari buah ini, bisa langsung Anda pesan melalui layanan jual beli online, seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia maupun lainnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA