Menjelang Hari Aids Sedunia, Yayasan Matahati Banjar Bakal Sosialisasi ke Sejumlah Sekolah

Pegiat HIV/Aids di Kota Banjar yang tergabung dalam Yayasan Matahati Banjar menggelar pertemuan di Puskesmas 1 Banjar. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sejumlah pegiat HIV/Aids di Kota Banjar yang tergabung dalam Yayasan Matahati Banjar menggelar pertemuan di Puskesmas 1 Banjar, Kamis (01/11/2018). Dalam kegiatan tersebut, mereka merencanakan sejumlah kegiatan dalam menyambut Hari Aids Sedunia.

Eva Latifah, Pelaksana Program Yayasan Matahati Banjar, mengatakan, seiring dengan peringatan Hari Aids sedunia yang akan berlangsung setiap 1 Desember, pihaknya berencana akan menggelar berbagai kegiatan, seperti sosialisasi pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di sejumlah sekolah yang ada di Banjar.

“Kalau Matahati sendiri pada peringatan tersebut nanti ada kegiatan di Indramayu, Jawa Barat. Sedangkan di sini biasanya Dinkes langsung yang buat kegiatan, kita ikut saja ke mereka. Meski begitu, kita juga tetap melaksanakan kegiatan rutin kita, yakni sosialisasi bersama kader untuk melakukan penyuluhan pencegahan dan penanggulangan HIV/Aids,” katanya.

Dalam sosialiasi untuk kalangan pelajar tersebut, lanjut Eva, akan lebih fokus pada pelajar tingkat SLTA yang ada di Banjar. Melalui sosialisasi tersebut ia harap para pelajar semakin sadar dan paham soal HIV/AIDS dan bisa terhindar resiko tertular virus tersebut.

“Selain itu, kita juga menggandeng dari Dinkes, khususnya Puskesmas yang ada di wilayah Banjar untuk melakukan voluntary counselling and testing atau VCT terhadap warga bersama kader HIV yang ada. Mudah-mudahan saja kegiatannya lancar,” pungkasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)