Menuju Kota Layak Anak 2018, Dinsos P3A Banjar Sosialisasikan Sekolah Ramah Anak

Menuju Kota Layak Anak 2018, Dinsos P3A Banjar Sosialisasikan Sekolah Ramah Anak. Photo: Eva/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sosialisasi Sekolah Ramah Anak dilakukan Dinas Sosial, Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan dan Anak (Dinsos P3A) Kota Banjar, Jawa Barat, dalam rangka Banjar Menuju Kota Layak Anak tahun 2018.

Kepala Bidang P3A Dinsos Kota Banjar, Ika Kartikawati, mengatakan, untuk mensosialisasikan Sekolah Ramah Anak, pihaknya akan menjangkau semua sekolah yang ada di Kota Banjar.

“Tahun ini kita ditarget harus 10 sekolah yang dijangkau dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Untuk tahun ini kita mulai melakukan sosialisasi sekitar pertengahan 2018, targetnya 10 sekolah. Sampai sekarang sudah delapan sekolah, jadi tinggal dua lagi untuk bisa memenuhi target. Insya Alloh bulan ini juga sudah terpenuhi,” katanya, kepada HR Online, usai melakukan sosialisasi di SMP Negeri 7 Banjar, Selasa (13/11/2018).

Lebih lanjut Ika menjelaskan, sekolah ramah anak merupakan salah satu indikator untuk mewujudkan kota layak anak. Sehingga, pihaknya akan terus menjangkau sekolah-sekolah, mulai tingkat SD, SMP sampai SMA/SMK yang ada di Kota Banjar.

Sosialisasi tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 tahun 2014. Pihaknya berharap, dengan dilakukannya sosialisasi, semua satuan pendidikan bisa memenuhi serta menjamin hak-hak anak.

Selain itu, sosialisasi ini juga untuk mewujudkan sekolah non-diskriminasi, kepentingan terbaik anak, serta menghargai anak dengan pengelolaan yang baik.

Ika menambahkan, ada beberapa indikator yang harus dipenuhi, diantaranya memenuhi standard pelayanan minimal di satuan pendidikan, termasuk juga punya kebijakan anti kekerasan serta kode etik penyelenggaraan pendidikan.

“Kita berharap, dengan dilakukannya sosialisasi yang langsung menyasar anak-anak dan guru-guru di sekolah, bisa lebih meningkatkan pemahaman mengenai sekolah ramah anak,” pungkasnya. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA