Menuju Pangandaran Smart City, Diskominfo Bakal Bangun Command Center

Kantor Diskominfo Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Plt Kadis yang juga Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pangandaran, Gunarto, mengatakan, Command Center atau ruang kendali mini Diskominfo akan dibangun melalui anggaran Provinsi tahun 2019 dalam menuju Pangandaran Smart City. Berdasarkan informasi, hanya 7 kabupaten/kota di Jawa Barat yang akan bantuan keuangan (Bankeu) dari Pemprov, salah satunya Pangandaran.

“Mudah-mudahan program command center untuk Kabupaten Pangandaran tahun anggaran 2019 nanti dapat tetealisasi. Hal ini mengingat kita sebagai daerah wisata juga daerah yang rawan bencana, sehingga sangat dibutuhkan untuk mengkoordinasi di semua SKPD teknis lainnya,” kata Gunarto kepada Koran HR, Senin (5/11/2018).

Gunarto menambahkan, untuk pengelola command center, terutama untuk layanan kedaruratan, yang akan segera diterapkan nanti pihaknya sangat berharap adanya bantuan tersebut terealisasi. Hal ini dalam rangka untuk menuju Kabupaten Pangandaran Smart City di Indonesia.

“Command center tersebut mampu menyatukan berbagai program dinas/badan yang ada di lingkup pemerintah daerah Kabupaten Pangandaran dalam melayani masyarakat,” kata Gunarto lagi.

Masih menurut Gunarto, dengan adanya command center ini, dinas-dinas tersebut disinergikan dalam satu ruangan untuk menerima laporan masyarakat dan memantau kondisi wilayah Pangandaran.

“Command center itu ibarat mata, telinga, kaki, tangan Pak Bupati. Sehingga dari keluhan yang masuk akan segera dicarikan solusi dengan cepat, walaupun ada keterbatasan. Meski begitu, kita akan konsisten mengimplementasikan program smart city dengan semangat kebersamaan memanfaatkan potensi yang ada dan kita miliki,” pungkas Gunarto. (Mad/Koran HR)

KOMENTAR ANDA