Musim Hujan, Warga Langkaplancar Pangandaran Diminta Waspada

Sungai Meluap, Satu Dusun di Sidamulih Pangandaran Terendam Banjir. Photo: Dokumentasi HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Memasuki musim hujan yang terjadi di wilayah Pangandaran Jawa Barat dan sekitarnya, warga diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam, terutama yang berada di sekitar sungai maupun lereng pegunungan.

Camat Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran,  Supratman, mengatakan, pihaknya meminta warganya untuk terus waspada terhadap berbagai ancaman bencana akibat hujan, seperti longsor dan banjir.

“Kemarin kan kemarau panjang, jadi masyarakat, terutama yang rumahnya di lereng pegunungan harus ekstra hati-hati dan selalu waspada. Apalagi wilayah Langkaplancar yang didominasi pegunungan dan kondisi hutannya rusak berpotensi longsor,” jelasnya kepada Koran HR, Selasa (06/11/2018).

Untuk mengantisipasi bencana, Supratman mengajak masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan yang dapat menimbulkan penyumbatan pada saluran air. Karena sumbatan itu, banjir bisa terjadi.

“Jangan buang sampah di sungai maupun di saluran air, tapi buang pada tempatnya supaya tidak menimbulkan penyumbatan dan berdampak banjir,” katanya.

Sementara itu, Ketua Aliansi Masyarakat Peduli Langkaplancar (APPL), Ekan Apris, mengatakan, untuk meminimalisir terjadinya bencana longsor, harus ada kesadaran dari semua pihak, yaitu masyarakat dan pemerinta,h untuk bersama menjaga hutan dan menanami kembali area yang gundul.

“Kami APPL akan terus berusaha menanam pohon di wilayah yang gundul, terutama wilayah resapan air atau sirah warang yang insya Allah bermanfaat untuk kehidupan masyarakat. Jika musim kemarau diharapkan masyarakat tak lagi kekurangan air bersih dan jika datang musim penghujan tak terjadi longsor,” ucapnya. (Ceng/Koran-HR)