Pangandaran Ikuti Lomba Recheking IVA Test Tingkat Provinsi

Pangandaran Ikuti Lomba Recheking IVA Test Tingkat Provinsi. Photo: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan Padaherang, terpilih untuk mewakili Kabupaten Pangandaran dalam lomba Recheking IVA Test (Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

Selama ini, upaya mencegah kanker serviks, Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Tim Peggerak PKK, melakukan IVA Test. Sementara, untuk penilaian lomba Recheking Iva Tes Tingkat Provinsi dilaksanakan di Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Jum’at (02/11/2018).

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Pagandaran, Hj. Ida Nurlela, mengatakan, secara pribadi dirinya merasa bersyukur atas keikutsertaan Kabupaten Pangandaran mengikuti lomba tersebut. Karena bukan hal mudah, menginggat lomba ini juga diikuti oleh kabupaten/kota lain di Jawa Barat.

“Semoga saja keikutsertaan Kabupaten Pangandaran dalam lomba Recheking IVA tingkat Provinsi ini membawa dampak yang positif, dan meraih hasil yang diharapkan,” harapnya.

Lebih lanjut Ida Nurlela menjelaskan, bahwa Tim Pengerak PKK Kabupaten Pangandaran bersama dinas terkait telah melakukan sosialisasi tentang IVA Test dan pencegahannya ke-93 desa di 10 kecamatan. Selain itu, untuk pelayanan IVA Test di Kabupaten Pangandaran juga digratiskan.

Menurutnya, sosok seorang ibu dalam rumah tangga itu sangat penting, terutama di bidang kesehatan. Berdasarkan catatan tentang IVA di dunia, dari hasil riset IAFC ada 1,7 juta perempuan terindikasi kanker payudara.

Sedangkan, badan kesehatan dunia atau WHO, menyebutkan, sebanyak 6,3 juta berada di beberapa Negara, dan penyakit tersebut tidak bisa terdeteksi penyebabnya. Hal ini masih terus dikaji oleh para ilmuan di dunia.

“Untuk itu, lebih baik menjaga ketimbang mengobati. Makanya pola hidup sehat itu sangatlah penting dalam kehidupan,” tandas Ida Nurlela.

Sementara itu, Camat Padaherang, Kustiman, mengatakan, dengan terpilihnya TP PKK Kecamatan Padaherang untuk mengikuti lomba IVA Test tingkat provinsi yang mewakili Kabupaten Pangandaran, menjadi kebanggaan tersendiri bagi pihaknya. Untuk itu, segala persiapan pun sudah dilakukan guna mengikuti lomba tersebut.

Dalam kesempatan itu, TP PKK Desa Ciganjeung yang mewakili TP PKK Padaherang, menjelaskan secara detil segala bentuk kegiatan yang ada kaitannnya dengan IVA Test kepada para tim penilaian dari provinsi dan juga di Ketua TP PKK Kabupaten Pangandaran.

Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, dr. Yani, beserta jajarannnya, serta dinas terkait lainnnya. Rombongan tim penilai dari provinsi sendiri disambut hangat oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pangandaran, saat tiba di lokasi acara berlangsung. (Ntang/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA