Pangandaran Jadi Tuan Rumah Jabar International Marathon 2018

Ilustrasi marathon. Foto: Net/Ist

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) bakal menggelar Jabar International Marathon (JIM) kelas 5 km, 10 km, 21 km, dan 42 km di Pangandaran dengan rute pantai pada 2 Desember 2018 mendatang dengan total hadiah sebesar Rp 619 juta.

Rest Director JIM, Dian Rahmat, mengatakan, dirinya sebagai pelaksana event awal penyelenggaraan dengan tajuk sport tourism open JIM menuju sertifikasi international berharap ke depan sertifikasi dari IAAF bisa didapat. Sehingga, JIM ini bisa digelar secara rutin di Jawa Barat dan menjadi agenda tahunan, khususnya di Pangandaran.

“Pangandaran aksesnya bagus, tingkatan lintasan yang memadai, kondisi gen atau lintasannya ideal. Nanti dalam acara ini ada 5 kategori yang dilombakan,” jelas Dian Rahmat, Senin (19/11/2018).

Dian Rahmat menambahkan, jumlah total hadiah sebesar Rp. 619 juta tersebut akan diberikan sesuai tingkatan, yakni kelas international sebesar Rp. 35 juta dan Rp. 25 juta untuk nasional dan pelajar, dan biaya pendaftaran Rp.150 ribu untuk 5 km dan 10 km

“40 persen pendaftaran sudah masuk dari target 2000 peserta. Mudah-mudahan ini sebagai ajang promosi wisata di Pangandaran. Padahal bulan depan ada gelaran yang sama di pulau batang, kita Head to head dengan batang,” pungkas Dian Rahmat.

Sementara itu, Sekretaris Dispora Jabar, Agus Komarudin, mengatakan, tujuan digelarnya JIM di Pangandaran tersebut merupakan komitmen Gubernur yang ingin mengangkat sisi ideologi ekonomi kesejahteraan masyarakat sekitar Pangandaran.

“Berharap sisi ekonomi akan meningkat dengan tujuan mengemas perkembangan pariwisata dengan Sport Tourism dengan Total Hadiah sebesar Rp. 619 juta,” kata Agus Komarudin.

Agus Komarudin menambahkan, pengalaman tahun ini yang pertama masuk ke agenda PB PASI untuk mendapatkan sertifikasi agenda tahunan di Jawa Barat adalah di Pangandaran ini. Dipilihnya di Kabupaten Pangandaran karena selain mengangkat promosi daerah wisata unggulan di Jabar, juga karena elevasi, suhu, geografis di Pangandaran sangat mendukung.

“Harapan Gubernur ke depan tahun ke 3 sudah mendapatkan sertifikasi, jadi bukan penyelenggaraan tahun ini saja. Kita berharap Jawa Barat rutin bisa menggelar sport tourism ini di Pangandaran dan menjadi agenda rutin tahunan Lomba Marathon di Jawa Barat,” pungkas Agus.

Sementara Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan, lounching JIM ini sudah dilaksanakan di Bandung oleh Gubernur Jabar langsung dan ini bagian dari event atraksi agenda tahunan.

“Agenda tahunan ini sedang sertifikasi untuk masuk pada kelas International. tentunya ini akan menambah daya tarik wisata di akhir tahun. Kami apresiasi dan tentu mendukung sepenuh hati,” pungkas Jeje. (Mad/Koran HR)

KOMENTAR ANDA