Pembangunan Rumah Sakit Langensari Banjar Tahap Kedua Capai 95 Persen

Pembangunan tahap dua Rumah Sakit RS Langensari kini pengerjaannya sudah mendekati 100 persen rampung. Photo: Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Pembangunan lanjutan Rumah Sakit Langensari, Kota Banjar kini memasuki tahap finishing. Hingga bulan November ini, bangunan fisik RS (Rumah Sakit) yang berada di wilayah Kelurahan Muktisari itu sudah mencapai 95 persen.

Hal itu dikatakan pimpinan pelaksana proyek dari PT Tunas, Jojo, kepada Koran HR, Senin (26/11/2018), bahwa pembangunan tahap kedua RS ini mendekati selesai, atau progresnya hampir 100 persen.

“Memang secara keseluruhannya belum selesai. Ya, tinggal beres-beres saja. Insya Allah awal Desember mendatang sudah bisa tuntas semua jenis pekerjaannya,” terang Jojo.

Pelaksana lapangan, Yana, menambahkan, untuk bisa dituntaskan awal Desember, pekerjaan yang ada kini tinggal beberapa persen lagi. Bahkan, dalam minggu ini pihaknya akan menuntaskan tahapan finishing.

“Saat ini kita sedang membereskan pengecatan plafon, pemasangan instalasi kabel seperti telepon, wifi, CSTV, MA TV. Sedangkan, untuk yang lainnya tinggal pembenahan atau beres-beres. Termasuk kelengkapan alat IPAL, yaitu Septitank Bio Lima dan Pompa lima,” terangnya.

Menurut Yana, terpenting bagi pihaknya, dimasa penyelesaian tahap finishing ini tak lepas dilakukan pengecekan untuk menghindari ada item pekerjaan yang terlewatkan. Pada intinya, sebelum tenggat waktu yang diberikan bisa menyelesaikannya.

“Proses pelaporan terus kami sampaikan sesuai progresnya kepada Bidang Cipta Karya Dinas PU Kota Banjar. Kami optimis, awal Desember selesai dan kami pun tentunya akan lakukan serah terima pekerjaan,” katanya.

Yana juga mengatakan, berdasarkan informasi dari pihak Dinas PU, bahwa di tahun depan terdapat tahapan pekerjaan lain berupa penataan kelengkapan sarana. Jadi, selain dibangun lahan parkir, juga masih ada pembangunan ruangan yang akan dikerjakan.

Sementara itu, Kabid. Cipta Karya Dinas PU Kota Banjar, Tantri, menyebutkan, pembangunan RS Langensari tahap kedua itu ditarget selesai pada bulan Desember 2018. Berdasarkan hasil peninjauan dan laporan yang diterima, pihaknya melihat target tersebut akan tercapai selesai sesuai waktu yang telah ditentukan.

“Tahun 2019, dilanjut penataan area RS, seperti halnya lahan parkir. Selain itu, juga sedang diusulkan instalasi gasmedic,” kata Tantri.

Berbagai fasilitas hadir di RS Langensari ini, diantaranya 100 tempat tidur, 10 poliklinik, 5 ruang VIP, ruang kelas 2 terdiri 14 tempat tidur, dan sisanya tempat tidur kelas 3 serta berbagai ruang penunjang lainnya. (Nanks/Koran-HR)