Pemkab Pangandaran Agendakan Kejuaraan Selam Internasional

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran rencananya akan menggelar even kejuaraan selam tingkat internasional. Even kejuaraan selam tersebut akan dijadikan agenda rutin tahunan sekaligus sebagai ajang promosi wisata Pangandaran.

Hal itu disampaikan Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, ketika ditemui HR Online di sela-sela even kejuaraan selam nomor laut antar club se Indonesia, di Pantai Timur Pangandaran, Sabtu (17/11/2018).

Jeje menuturkan, even kejuaraan selam bagus untuk kegiatan promosi. Karena alasan itulah, pihaknya ingin menggelar secara rutin even tersebut. Bahkan jika diperlukan, even kejuaraan selam tahun-tahun berikutnya berskala internasional.

“Kedepan kita akan gelar setiap tahun, dengan lintasan sejauh mungkin supaya lebih menarik, juga kita naikkan kelasnya menjadi kelas Internasional,” kata Jeje.

Pada kesempatan itu, Jeje berpesan agar masyarakat mulai mencintai laut dengan tidak membuang sampah sembarangan ke laut. Menurut dia, kini laut merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat Pangandaran.

Senada dengan itu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, ketika ditemui HR Online, Sabtu (17/11/2018), menuturkan bahwa even kejuaraan selam nomor laut merupakan olahraga penting bagi negara poros maritim dunia.

“Laut harus menjadi masa depan bangsa. Cita-cita kita menjaga dan merawatnya. Saya setuju acara ini diadakan tiap tahun di Pangandaran. Kita menyiapkan hadiah Rp. 50 juta dari Pandu Laut Nusantara, Ormas non-politik binaan saya. Ada sekitar 200 klub pecinta laut yang sudah gabung,” kata Susi. (Mad/R4/HR-Online)