Pengguna WhatsApp Harus Waspadai Pesan Tawaran Unduh Stiker Gratis

Pengguna WhatsApp Harus Waspadai Pesan Tawaran Unduh Stiker Gratis. Photo: Net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Pengguna WhatsApp diminta waspada saat menerima pesan broadcast yang berisi tawaran untuk mengunduh stiker gratis pada layanan mereka. Karena, pesan WhatsApp tersebut adalah scam atau penipuan.

Alih-alih bakal mendapat stiker gratis, padahal pengguna justru akan digiring ke situs lain yang berisi berisi iklan serta tautan atau link yang tidak jelas. Ketika mengklik tautan tersebut, pengguna malah akan diminta untuk mengisi sebuah survei dari sejumlah daftar pertanyaan, kemudian digiring untuk mengirimkannya kembali kepada 20 teman yang ada dalam daftar kontak WhatsApp-nya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (11/11/2018), cara seperti itu digunakan oleh penyebar pesan untuk menjerat korbannya supaya lebih banyak. Bahkan, biasanya pengguna juga diiming-imingi bakal mendapatkan undian berupa smartphone keluaran merk ternama, apabila mengikuti prosedur yang mereka berikan.

Cara yang digunakan scammer ini mirip dengan cara yang digunakan ketika marak beredar pesan broadcast berantai yang sempat viral beberapa waktu lalu, mengenai voucher sebuah rumah makan cepat saji.

Seorang peneliti keamanan Digital dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, menjelaskan, bahwa maraknya beredar pesan WhatsApp berisi tawaran stiker gratis itu ditengarai akibat adanya akses khusus bagi sejumlah pengguna WhatsApp untuk mendapat emoji stiker.

Seperti telah diketahui bahwa beberapa waktu lalu, pihak WhatsApp sedang merilis stiker emoji baru bagi pengguna yang telah meng-update aplikasi mereka dengan aplikasi WhatsApp beta tester versi 2.18.229. Namun, tidak semua pengguna dapat menikmati fitur stiker baru tersebut.

Akibat tidak meratanya penyebaran stiker emoji baru dari layanan WhatsApp itu, maka kemudian dimanfaatkan oleh scammer untuk melakukan aksi penipuannya.

Alfons juga memperkirakan kalau si pembuat scam ini sengaja membuat pesan WhatsApp berisi tawaran stiker gratis. Hal itu untuk mengumpulkan data pribadi para pengguna WhatsApp.

“Kemungkinan besar motif pembuat scam ini karena ingin mendapat keuntungan finansial dari perusahaan yang sedang mengumpulkan database untuk memasarkan produknya, salah satunya adalah perusahaan asuransi,” jelas Alfons.

Oleh karena itu, Alfons menghimbau para pengguna layanan pesan instant WhatsApp untuk tidak mudah terpengaruh pesan WhatsApp yang berisi tawaran stiker gratis. Karena ternyata pesan tersebut adalah sebuah scam atau penipuan.

Bagi pengguna yang ingin segera menikmati layanan stiker emoji baru dari WhatsApp diminta untuk bersabar hingga mendapat pembaruan secara resmi dari pihak WhatsApp.

Selain itu, Alfons juga menganjurkan supaya pengguna WhatsApp tak gampang tergiur oleh pesan broadcast sejenis di waktu-waktu mendatang. Karena hal itu justru akan membahayakan perangkat pengguna itu sendiri.

Sebab, bisa saja tautan yang diberikan melalui pesan broadcast berantai itu ternyata berisi situs yang digunakan untuk mencuri data pribadi, atau menginfeksi perangkat dengan virus, malware, atau bahkan ransomware.

Jadi, pesan WhatsApp berisi tawaran stiker gratis yang saat ini tengah marak beredar di kalangan pengguna WhatsApp dapat dipastikan itu adalah scam atau penipuan. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA