Penyangga Jembatan di Ciamis Ambruk, Akses Ditutup Sementara

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tembok penyangga jembatan beton Sungai Cigayam, yang menghubungkan antara Dusun Cidolog dengan Lengorsari, Desa Gunungcupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, ambruk.

Kuat dugaan, peristiwa itu terjadi dipicu karena tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah tersebut beberapa hari terakhir ini. Selain itu, kondisi jembatan itu juga sudah lama memerlukan sentuhan perbaikan.

Sementara ini, Pemerintah Desa Gunungcupu terpaksa menutup akses bagi pengguna jalan yang ingin melintasi jembatan tersebut. Hal itu sengaja dilakukan agar tidak ada pengguna jalan yang menjadi korban.

Kepala Urusan (Kaur) Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Desa Gunungcupu, Yayat Syarif Dihayat, Rabu (14/11/2018), membenarkan, sementara ini akses bagi pengguna jalan, baik roda dua ataupun empat, dialihkan ke arah Desa Budiasih.

Yayat menjelaskan, penutupan akses itu harus dilakukan sebab jika dilewati pengguna jalan jembatan itu akan ambruk. Dia tidak menampik, jembatan yang memiliki panjang sekitar 10 meter dan lebar lima meter itu merupakan akses vital bagi warga.

Sayangnya, karena ambruknya penyangga jembatan, kata Yayat, akses warga terpaksa dialihkan sementara sampai jembatan Sungai Cigayam mendapatkan perbaikan dari pemerintah daerah.

“Mudah-mudahan saja bantuan perbaikan jembatan dari pemerintah segera turun, sehingga akses jalan ini kembali normal,” katanya.

Informasi yang berhasil dihimpun HR Online, insiden ambruknya penyangga jembatan Sungai Cigayam nyaris saja menelan korban. Pasalnya, saat perisitiwa itu terjadi, ada seorang warga yang sedang memancing di bagian bawah jembatan.

Untungnya, warga yang sedang memancing di bagian bawah jembatan tersebut selamat. Warga itu kabarnya hanya mengalami luka ringan akibat terkena lemparan material batu dan tanah penyangga jembatan. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA