Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita PangandaranPeserta CPNS Pangandaran Jalani Tes Seleksi Tahap Awal di Balaikota Tasikmalaya

Peserta CPNS Pangandaran Jalani Tes Seleksi Tahap Awal di Balaikota Tasikmalaya

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Tes Seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) untuk Kabupaten Pangandaran yang berlangsung di Balaikota Tasikmalaya, akan berakhir pada tanggal 16 November 2018.

Dalam tes tersebut, para peserta terbagi ke dalam lima sesi, karena peserta yang ikut seleksi CPNS di Kabupaten Pangandaran membludak.

Hal itu dikatakan Ganjar, salah seorang pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Pangandaran, saat dikonfirmasi Koran HR, terkait tes seleksi CPNS di Kabupaten Pangandaran, Senin (12/11/2018).

“Sampai saat ini pihak BKD terus memantau perkembangan hasil nilai tes para peserta CPNS yang mengikuti seleksi di Tasikmalaya. Adapun kategori penilaian kelulusan tes CPNS untuk Kabupaten Pangandaran ada tiga tahap syarat lulus,” terangnya.

Ketiga syarat tersebut yaitu, nilai pertama para peserta mesti memiliki 75 poin atau lebih, syarat kedua nilainya 80 poin, dan ketiga nilainya 143 poin. Jika kategori tahapan penilaian ketiganya masuk, maka peserta tersebut bisa dikatakan sudah lolos ujian tes CPNS dengan jumlah total nilai poin 295, dan berhak ikut tes selanjutnya. Terlebih jika nilainya lebih dari 295 poin.

Namun sebaliknya, apabila salah satu dari tiga kategori tersebut tidak tercapai, meskipun nilai jumlah keseluruhan besar lebih dari 295 poin, maka peserta tersebut dianggap tidak lolos ke tahapan berikutnya. Karena, satu dari tiga kategori penilaian yang ditentukan tidak tercapai.

“Selain itu, bila kuota formasi Kabupaten Pangandaran tidak tercapai, maka untuk memenuhi hal tersebut kebijakannya ada di pusat. Tapi untuk mekanismenya kami tidak begitu tahu, menginggat hal itu merupakan kewenangan pemerintah pusat,” tandas Ganjar.

Di tempat terpisah, Sekretaris Daerah Pemkab Pangandaran, Mahmud, mengatakan, sejauh ini tes CPNS yang berlangsung di Balaikota Tasikmalaya berlangsung lancar.

Hasil sementara sampai hari Minggu (11/11/2018), peserta yang sudah lolos tes dan berhak untuk mengikuti tes selanjutnya ada sebanyak 133 orang. Jumlah itu dipastikan bertambah, karena tes CPNS akan berlangsung hingga 16 November 2018.

“Tes berikutnya adalah tes seleksi kompetensi bidang atau SKB. Menurut informasi dari BKN pusat, untuk tes berikutnya para CPNS yang sudah lolos di Tasikmalaya itu merupakan tahap awal, dan berhak mengikuti tes kembali yang rencananya akan digelar di Bandung,” jelas Mahmud. (Ntang/R3/HR-Online)

- Advertisment -