Pindang Gunung Khas Pangandaran Pecahkan Rekor Muri

Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Tri Hanggono Achmad. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka dies natalis Unpad ke-61 dan Milangkala Kabupaten Pangandaran ke-6, Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan Pangandaran Run serta pemecahan Rekor Muri dengan menyajikan kuliner Pindang Gunung Pangandaran terbanyak dengan jumlah 2018 porsi. Acara tersebut bertempat di lapang ketapang doyong Pantai Timur Pangandaran, Sabtu (24/11/2018) lalu.

Eksekutif Manager Muri, Sri Widyawati, mengatakan, Musium Rekor Indonesia (Muri) mencatat satu prestasi yang sangat spektakuler, yakni sajian makanan Pindang gunung Pangandaran terbanyak sebanyak 2018 porsi.

“Resmi kita sahkan menjadi rekor dunia di musium rekor indonesia yang ke 8755,” kata Sri Widyawati di lokasi kegiatan.

Sri Widyawati menambahkan, piagam tersebut dianugerahkan kepada PSDKU Unpad Pangandaran yang mana pertama kalinya memecahkan rekor penyajian makanan khas dengan porsi terbanyak.

“Di Pangandaran sebelumnya juga sudah memecahkan rekor Muri yang mana sebanyak 873 penari ronggeng gunung menari secara bersama-sama,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Tri Hanggono Achmad, mengatakan, PSDKU hadir di Pangandaran menjadi tanggungjawab untuk memajukan masyarakat di Pangandaran. Selama 3 tahun hadir di Pangandaran pihaknya mengaku sudah bisa berkolaborasi dengan semua pihak, terutama atas dukungan pemerintah daerah yang luar biasa sehingga kegiatan ini bisa terlaksana.

“Ini murni ide dari anak-anak sekolah di PSDKU. Ternyata kreatifitas anak daerah tergali ini wujud dari ekspresi yang diajarkan di Unpad untuk membangun wilayah terutama potensi yang ada di Pangandaran, baik pantai maupun tradisionalnya seperti budaya dan kulinernya. Ini yang ke depan akan terus digali tidak berhenti sampai di sini,” kata Tri Hanggono.

Masih dikatakan Tri Hanggono Achmad, ia berharap ke depan pihaknya mendorong agar kegiatan tersebut bisa rutin digelar tiap tahun dengan peserta bukan hanya dari Indonesia saja, akan tetapi juga internasional.

“Menteri Pariwisata RI menargetkan Pangandaran akan menjadi daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) karena potensi wisatanya. Unpad hadir dari segi keilmuannya. Kolaborasi ini yang akan mempercepat pembangunan di daerah,” kata Tri Hanggono Achmad. (Mad/R6/HR-Online)