Retromantic 9, Ribuan Mobil Tua se-Indonesia & Asia Tenggara ‘Banjiri’ Kota Banjar

Retromantic 9, Ribuan Mobil Tua se-Indonesia & Asia Tenggara ‘Banjiri’ Kota Banjar. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Ribuan mobil tua dengan berbagai merk “membanjiri” kawasan Sport Center Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, untuk mengikuti event tahunan Retromantic ke-9, Sabtu (24/11/2018).

Ajang Retromantic ke-9 ini diikuti peserta dari puluhan klub mobil tua (lawas) dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Palembang, Aceh, Padang, Medan, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Madiun, Malang, Makasar, Pontianak, dan kota-kota lainnya. Bahkan, hadir pula peserta dari luar negeri, diantaranya dari Malaysia, Brunai, dan Singapura.

Dalam event tersebut digelar berbagai kegiatan yang diikuti oleh peserta, diantaranya kontes original, kontes modifikasi, kontes sound retro hingga race and speed rally mobil jadul. Tidak hanya itu, ajang jual beli mobil tua pun tidak luput dari sorotan pengunjung dalam acara yang disebut-sebut paling besar sepanjang event Retromantic digelar.

Diantara peserta dan pengunjung yang hadir, ada yang sempat dibuat kaget. Pasalnya, terdapat satu buah mobil tua jenis Mitsubishi Colt tahun 1974 yang seluruh komponennya masih original dan mampu terjual hingga Rp 250 juta.

“Ini belum seberapa, bahkan ada yang lebih mahal lagi,” kata Bandri (37), salah satu panitia Retromantic.

Ketua Pelaksana Retromantic ke-9, H. Toni, mengatakan, acara Retromantic ini merupakan ajang silaturahmi bagi para pecinta mobil lawas. Bahkan menurutnya, acara ini bisa dikatakan “Lebaran” bagi penggemar mobil-mobil tua produksi tahun 70-an hingga tahun 80-an.

“Retromantic ini setiap tahun digelar di beberapa kota, dan ini menurut saya paling besar pesertanya. Dalam event Retromantic ke-9 ini, jumlah pesertanya mencapai 1.500 kendaraan dari 93 klub, dan ini memecahkan rekor Retromantic sebelumnya di Bojonegoro yang hanya berjumlah 800 kendaraan. Kegiatan ini bisa saya katakan merupakan lebarannya mereka penggemar mobil tua,” terang Toni.

Senada dikatakan Ketua Himpunan Japanis Retro Car, Iman Sumara, bahwa Retromantic ke-9 ini adalah gelaran yang paling gebyar dari sebelumnya. Untuk Retromantic ke-10, rencananya akan digelar di Jakarta tahun 2019 mendatang.

“Sepanjang gelaran Retromantic, di sini (Banjar) yang paling gebyar. Seluruh klub mobil lawas se-Indonesia dan bahkan Asia, bisa hadir di sini. Semoga ini menjadi ajang silaturahmi dan tukar pengalaman bagi seluruh pecinta otomotif, khususnya para penggemar mobil lawas,” kata Iman.

Dalam acara ini pun dijual berbagai macam onderdil mobil-mobil lawas yang sudah tidak terdapat di toko-toko. Selain kontes mobil, digelar pula live panggung musik dengan menampilkan band-band lokal dan musik dangdut.

Menjelang sore hari, para peserta yang hadir bersama panitia berkumpul, lalu menyisihkan sedikit rezekinya untuk dibagikan kepada fakir miskin dan anak yatim yang berada di lingkungan dekat lokasi Sport Centre, Langensari. (Hermanto/R3/HR-Online)