Rutin Minum Air Jeruk Lemon Bisa Terhindar dari 7 Penyakit Ini

Rutin Minum Air Jeruk Lemon Bisa Terhindar dari 7 Penyakit Ini. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Minum air jeruk lemon ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan. Antioksidan yang terkandung di dalamnya dikenal sebagai flavonoid berperan penting untuk melawan kanker, penyakit jantung dan peradangan.

Selain itu, aroma jeruk lemon yang menyegarkan bisa menyembuhkan mual dan sakit kepala. Rasanya yang enak juga sering ditambahkan pada masakan atau minuman.

Dikutip dari Boldsky, Selasa (20/11/2018), berikut ini penjelasan dari manfaat minum air jeruk lemon untuk kesehatan;

Mencegah flu

Lemahnya system kekebalan membuat tubuh rentan terserang pilek. Namun, kandungan vitamin C dalam jeruk lemon terbukti mampu meningkatkan system kekebalan tubuh. Karena jenis buah ini memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang bisa menyembuhkan sakit tenggorokan. Jika Anda terserang flu, minumlah segelas jerum lemon hangat setiap hari hingga flu Anda sembuh.

Meningkatkan kesehatan jantung

Jantung bisa tetap sehat berkat flavonoid yang mampu menjaga lemak dan gula darah pada tingkat yang stabil. Jeruk lemon merupakan sumber vitamin C yang baik untuk membantu mengurangi resiko jantung dan stroke. Selain itu, buah ini juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Membantu detoksifikasi

Jeruk lemon mengandung antioksidan sebagai D-limonene yang sangat terkonsentrasi pada kulit lemon. Kandungan tersebut mengaktifkan enzim di hati yang merupakan bagian dari fase 1 dan 2 dalam proses detoksifikasi.

Selama proses detoksifikasi, senyawa beracun diambil dari hati dan dieliminasi dari tubuh melalui empedu atau air kencing. Untuk menghilangkan racun dari ginjal dibutuhkan banyak minum air jeruk. Dianjurkan minumlah segelas perasan air jeruk lemon hangat saat pagi hari.

Meningkatkan kesehatan otak

Berdasarkan sejumlah penelitian, jeruk lemon juga mampu menangkal penurunan mental yang parah, seperti Alzheimer dan demensia. Jumlah vitamin C yang baik di dalam tubuh sudah terbukti mampu melindungi terhadap penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia seseorang.

Merangsang pertumbuhan rambut

Jeruk lemon mampu merangsang pertumbuhan rambut, sekaligus memperkuat folikel rambut serta mencegah rambut rontok atas kandungan vitamin C. Selain itu, buah ini juga memiliki sifat anti jamur yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah ketombe. Sehingga lemon dapat digunakan secara topikal guna mengatasi semua masalah rambut.

Mencegah anemia

Menurut sebuah studi, jeruk lemon mengandung banyak asam askorbat yang bisa membantu mencegah anemia, yakni dengan membantu penyerapan zat besi yang lebih baik dari makanan nabati.

Penyerapan zat tersebut lebih cepat dari makanan non-vegetarian, namun ada penyerapan zat besi yang lambat dari makanan nabati. Hal ini bisa ditingkatkan dengan cara mengonsumsi vitamin C yang akan membantu penyerapan zat besi lebih cepat dari makanan nabati.

Menurunkan risiko kanker

Senyawa tanaman yang ditemukan pada lemon, seperti limonene dan naringenin diketahui memiliki efek anti-kanker. Naringenin dalam phytochemical pada lemon dan buah jeruk lainnya, mempunyai efek kesehatan yang positif mencegah kanker.

Bahkan, sebuah penelitian menemukan D-limonene. Selain itu, senyawa yang ditemukan dalam lemon juga punya beberapa sifat anti kanker. Senyawa tersebut mencegah kanker lidah, usus besar dan kanker usus besar. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA