Sering Sendawa? Hati-hati, Bisa Jadi Kamu Terkena Penyakit GERD

Sering Sendawa? Hati-hati, Bisa Jadi Kamu Terkena Penyakit GERD. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Sendawa usai makan itu merupakan hal yang wajar. Tapi kalau mengalami sering sendawa, hati-hati, bisa jadi itu tanda penyakit GERD. Apa itu?

Sendawa adalah cara tubuh mengeluarkan gas dan udara dari perut. Gas dan udara ini berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, atau masuk ke perut ketika kita tertawa dan berbicara.

Ketika mengalami sering sendawa, itu adalah tanda utama penyakit GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease yang disebabkan oleh asam lambung yang tinggi. Itulah yang membuat gas naik ke kerongkongan dan menyebabkan sendawa.

Selain itu penderita GERD pada umumnya mengeluhkan rasa terbakar pada bagian dada (heartburn), badan lemas, serta perut mual. Ada sejumlah penyakit lain yang juga dapat menyebabkan sendawa berlebihan.

Kamu juga bisa terkena masalah dispepsia yang ditandai dengan perut kembung, mual, dan nyeri perut atas. Terkadang rasa sakit itu juga dapat menjalar sampai ke dada. Tak hanya itu, kamu pun dapat terkena infeksi helicobacter pylori. Infeksi ini merupakan bakteri yang dapat menyebabkan kamu mengalami kanker perut dan bisul.

Jika mengalami sendawa secara berlebihan, kemungkinan hal itu iritasi pada usus atau irritable bowel syndrome (IBS) yang kamu alami. Kondisi gejala ini meliputi sembelit, sendawa berulang dan kembung.

Untuk itulah, kamu jangan ragu untuk segera periksakan ke dokter bila mengalami sendawa yang terlalu sering. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA