Smartphone Motorola Terbaru Bakal Gunakan Qualcomm Snapdragon 8150

Ponsel Terbaru Motorola Bakal Gunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 8150. Photo: Net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Smartphone Motorola digadang-gadang bakal menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8150, karena dinilai punya kemampuan lebih baik serta memiliki kinerja dua kali lipat dibanding Snapdragon 845.

Dilansir Phone Arena, Senin (26/11/2018), menurut laporan terbaru, chipset andalan Qualcomm itu diharapkan akan meluncur awal bulan Desember 2018 setelah SoC (system-on-chip) disertifikasi kembali bulan Oktober. Smartphone Motorola jadi ponsel pertama yang gunakan chipset tersebut.

Seperti yang diumumkan Qualcomm Cina, Kamis (22/11/2018), bahwa sebagai chipset generasi mendatangnya, Snapdragon 8150 akan diperkenalkan secara resmi pada tanggal 4 Desember mendatang. Bahkan, spesifikasi teknis chip tersebut sudah terungkap lantaran baru-baru ini sejumlah benchmark-nya bocor secara online.

Snapdragon 8150 ini memiliki arsitektur yang serupa dengan Huawei Kirin 980, serta chipset Samsung Exynos 9820 yang didasarkan pada desain inti CPU tiga cluster. Selain itu, chipset ini juga masih mengakomodasi delapan inti, namun dikelola sedikit berbeda, yakni core kinerja besar 2,84 GHz, tiga core 2,4GHz, dan empat core efisiensi kecil 1,78GHz.

Selain digunakan oleh smartphone Motorola terbaru, di tahun depan chipset Snapdragon 8150 dari Qualcomm ini diharapkan bisa masuk ke banyak ponsel unggulan Android. Moto Z4 sendiri akan menjadi salah satu smartphone pertama yang menyertakan Snapdragon 8150 yang belum diumumkan.

Motorola Kembangkan Moto Z4 dengan Chipset Snapdragon 8150

Kini Motorola sedang menyiapkan ponsel terbarunya, Moto Z4. Ponsel pintar dengan kode nama Odin ini bakal diperkuat chipset Snapdragon 8150. Karena di tahun 2017 lalu, Moto Z3 yang menggunakan chipset Snapdragon 835 ternyata memiliki kinerja kurang optimal.

Sedangkan, untuk Z4, Motorola memang masih memilih chipset Qualcomm namun dengan versi terbaru yang kemampuannya telah ditingkatkan. Rencananya Moto Z4 akan berjalan dengan OS Android 9 Pie, dan penyimpanannya didukung RAM 4GB serta ROM 32GB.

Untuk fitur lainnya, ponsel pintar ini dilengkapi sensor sidik jari di dalam layar. Tapi sayangnya tidak disebutkan spesifikasi detail mengenai smartphone yang memiliki kode nama Odin itu. Sampai saat ini Odin masih dalam tahap awal pengembangan. Nama Odin ini kemungkinan ditujukan hanya untuk pasar Amerika Utara.

Sedangkan, untuk negara lainnya kemungkinan memakai nama yang berbeda. Namun sudah dipastikan menggunakan nama Moto Z4. Selain nama tersebut, Motorola juga kini tengah mengembangkan MotoMod 5G yang dijadwalkan bakal meluncur tahun 2019 mendatang. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA