Suka Merasa Haus saat Tidur Malam? Waspadai Kesehatan Tubuh Anda!

Suka Merasa Haus saat Tidur Malam? Waspadai Kesehatan Tubuh Anda! Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Suka merasa haus saat sedang tidur di malam hari? Jika iya, Anda perlu mewaspadainya, karena bisa jadi itu merupakan tanda bahwa ada yang tak beres dalam tubuh Anda.

Merasa haus ketika tidur malam akan membuat Anda terbangun dari tidur untuk minum. Hal itu sebenarnya normal karena waktu tidur saat malam hari cukup panjang. Tapi, bila rasa haus terlalu sering muncul harus diwaspadai. Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (24/11/2018), berikut ini adalah penjelasannya.

Mengapa terasa haus saat tidur malam? Ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan akibat kurang minum, maka rasa haus pun akan muncul. Terlalu banyak keluar keringat juga bisa menjadi penyebab rasa haus muncul saat tidur.

Selain itu, sakit demam, atau menyantap makanan yang terlalu asin atau pedas sebelum tidur juga akan memicu rasa haus. Namun, di sisi lainnya ada pula beberapa panyakit yang menyebabkan rasa haus muncul lebih sering.

Berikut ini beberapa penyakit yang memicu munculnya rasa haus saat tidur di malam hari;

Xerostomia

Ini adalah kondisi ketika kelenjar ludah di bawah lidah tak dapat berfungsi dengan baik serta menghasilkan cukup air liur. Sehingga mengakibatkan mulut kering dan Anda pun merasa haus. Beberapa jenis obat juga bisa menimbulkan efek samping mulut menjadi kering.

Diabetes mellitus

Seseorang yang menderita diabetes melitus juga sering merasa haus saat malam hari. Hal ini disebabkan oleh gula darah tinggi atau hiperglikemia.

Diabetes insipidus

Tak hanya diabetes melitus, penyakit ini juga memicu munculnya rasa haus akibat tubuh tidak dapat mengatur cairan dengan benar. Akibat terjadi ketidakseimbangan cairan, Anda pun akan mengalami sering buang air kecil.

Bila sering merasa haus saat tidur malam, maka yang harus Anda lakukan tentu saja minum. Namun, minuman terbaik adalah air putih karena bisa lebih cepat mengganti cairan tubuh yang hilang. Baru setelah itu susu hangat atau infused water. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA