Tagana Ciamis Rilis Bencana Longsor Terjadi di 3 Kecamatan

Salah satu rumah milik warga Ciamis yang terdampak longsor. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tagana Ciamis merilis bencana alam longsor yang terjadi hingga Jum’at (09/11/2018) berada di 3 kecamatan yang ada di Ciamis, yakni Kecamatan Panumbangan, Cihaurbeuti, dan Sindangkasih.

Ade Waluya, Ketua Tagana Ciamis, mengatakan, peristiwa longsor yang terjadi akibat intesitas hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini setidaknya berada di 3 kecamatan yang membuat rumah warga tertimpa longsor.

Berdasarkan catatannya, 1 rumah milik Yoyoh (40) warga Dusun Pamekaran, RT 4/2, Desa Panyunggung, Kecamatan Panumbangan tertimpa longsor. Selain itu, di Dusun Palasari RT 3/9, Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti ada 4 rumah warga yang terdampak longsor, 2 di antaranya tembok rumah jebol, dan 2 lainnya terancam terbawa longsoran tanah tebing setinggi 10 meter dengan lebar 35 meter.

“Sedangkan di Sindangkasih, terjadi di 3 dusun, yakni Dusun Wanasari, Dusun Cihideung 1 dan Cihideung 2 yang mana semuanya berada di Desa Budiasih. Adapun rinciannya, di Dusun Wanasari terdapat 3 rumah yang terdampak longsor, 1 dinding jebol dan 2 lainnya dinding rumah tertimpa longsor meskipun tidak mengalami kerusakan. Sementara di Dusun Cihideung 1 menimpa jalan desa dan di Dusun Cihideung 2 menimpa rumah warga di bagian dapur,” katanya kepada HR Online.

Atas kejadian tersebut, Ade mengimbau kepada masyarakat untuk mengimbau kewaspadaan terhadap bencana alam, khususnya longsor.

“Jika ada kejadian bencana alam, segera laporkan ke aparat setempat agar bisa secepatnya ditindaklanjuti,” pungkasnya. (Fahmi/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA