Tagana Ciamis; Waspadai Tingginya Intensitas Hujan di Hulu Sungai Citanduy

Tagana Ciamis; Waspadai Tingginya Intensitas Hujan di Hulu Sungai Citanduy. Photo: Fahmi Albartiansyah/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Intensitas hujan yang sangat tinggi sejak Minggu malam (25/11/2018), membuat air di hulu Sungai Citanduy wilayah Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meningkat.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis, Ade Waluya, mengatakan, intensitas hujan yang sangat tinggi di hulu Sungai Citanduy yang berada di Kecamatan Panumbangan, mengakibatkan tanggul yang ada di lokasi tersebut jebol.

“Akibat meluapnya Sungai Citanduy, air tersebut masuk ke pesawahan milik warga dan merendam 1 hektar pesawahaan. Untuk itu, tidak menutup kemungkinan bila intensitas hujan di hulu Sungai Citanduy terus meningkat akan masuk ke pemukiman warga,” jelasnya, kepada HR Online, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (26/11/2018).

Selain itu, lanjut Ade, tingginya intensitas air di hulu Sungai Citanduy juga mengakibatkan jalur-jalur Sungai Citanduy yang berada di Kecamatan Cihaurbeti dan Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, sangat tinggi.

Masyarakat yang tinggal di kawasan sungai pun harus lebih waspada, terlebih warga yang berada di wilayah Ciamis Selatan, diantaranya Banjarsari, Lakbok dan Purwadadi. Pasalnya, ketiga wilayah tersebut merupakan langganan banjir jika intensitas hujan di hulu Sungai Citanduy tinggi.

“Untuk itu, masyarkat yang berada di bantaran dekat Sungai Citanduy harus lebih berhati-hati dan tingkatkan kewaspadaan. Kami dari Taruna Siaga Bencana selalu waspada 24 jam untuk menerima laporan dan akan bergerak langsung menangani segala bentuk bencana,” tandas Ade. (Fahmi/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA