Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Kerja Bakti Perbaiki Irigasi Bocor di Banjar

Warga Dusun Cibentang, RW 09, Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja Kota Banjar, bersama dan Babinsa Desa Mekarharja kerja bakti memperbaiki irigasi yang bocor. Foto : Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Warga di Dusun Cibentang, RW 09, Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja Kota Banjar, Jawa Barat, bergotong-royong melakukan kerja bakti memperbaiki irigasi bocor di daerah tersebut.

“Kami mengajak warga untuk kerja bakti termasuk Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Mekarharja, ikut terjun dalam kerja bakti ini,” ucap Pjs Kepala Desa Mekarharja, Hendi kepada HR Online, Rabu (14/11/2018).

Menurut Hendi, saluran irigasi sepanjang 10 meter di Dusun Cibentang itu mengalami kebocoran. Akibatnya, air dari irigasi tersebut tidak bisa mengalir ke areal pesawahan seluas 16 hektar di wilayah itu.

Hendi menuturkan, bahwa sudah dua musim ini, petani di Desa Mekarharja tidak bisa tanam padi hingga selalu gagal panen. Hal ini karena ada saluran irigasi yang bocor.

“Sudah dua musim petani gagal panen, sawah yang gagal panen terletak di Blok Cukangdalem, RW 08, Dusun Cibentang, Desa Mekarharja,” ujarnya.

Ia bersama warga berharap kepada pihak BBWS untuk segera merehabilitasi saluran irigasi yang bocor tersebut.

“Semoga pihak BBWS segera bertindak dan membetulkan irigasi yang bocor tersebut, dan pada saat pengerjaannya nanti tidak perlu dengan baru muka, tapi dengan cor tumbuk agar stabil,” katanya.

Dalam kerja bakti ini, warga sementara akan memasang plastik sepanjang 100 meter di saluran irigasi, hal ini fungsinya sebagai pelapis leaning saluran yang bocor. (Hermanto/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA