Tanggul Sungai Citanduy Jebol, Hektaran Sawah di Ciamis Ini Terancam

Hektaran sawah dan pemukiman warga di wilayah Desa Tanjungmulya, Panumbangan, Ciamis, terancam tergenang air. Hal itu menyusul jebolnya tanggul Sungai Citanduy di wilayah tersebut, beberapa hari lalu. Foto : Fahmi Albartiansyah/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Hektaran sawah dan pemukiman warga di wilayah Desa Tanjungmulya, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, terancam tergenang air. Hal itu menyusul jebolnya tanggul Sungai Citanduy di wilayah tersebut, beberapa hari lalu.

Kepala Dusun Landeuh, Jaja, ketika ditemui Koran HR, Senin (19/11/2018), mengungkapkan, lima hari kebelakang curah hujan yang mengguyur wilayah Dusun Landeh Desa Tanjungmulya cukup tinggi.

“Akibatnya tanggul Sungai Citanduy jebol,” katanya.

Jaja menjelaskan, jebolnya tanggul diketahui setelah ada warga yang hendak pergi ke sawah melihat kondisinya. Material tanah dari tanggul kemudian membuat badan Sungai Citanduy menyempit hingga dua meter.

Menurut Jaja, kondisi tanggul yang jebol berada tidak jauh dari area pesawahan. Pihanya khawatir, kondisi itu berdampak buruk terhadap area pesawahan milik warga. Dengan kata lain, area sawah warga tergenang air dari sungai.

“Panjang tanggul yang jebol mencapai 15 meter dan sekarang masih ada retakan sepanjang 30 meter,” katanya.

Jaja menambahkan, kekhawatiran pihaknya semakin menjadi lantaran intensitas hujan beberapa hari terakhir ini masih lumayan tinggi. Untuk mengantisipasi apa yang dikhawatirkan, pihaknya sudah melapor dan berkordinasi dengan pemerintah setempat. (Fahmi/Koran HR)