Terminal Rajadesa Ciamis Butuh Fasilitas Penerangan

Kawasan Terminal di Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis. Foto: Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-Kawasan Terminal angkutan umum di Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, memerlukan tambahan fasilitas penerangan. Pasalnya, sejak dibangun enam tahun lalu, setiap malam kawasan terminal selalu gelap gulita.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Rajadesa, Ibah, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, menuturkan, pihaknya meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis menyediakan fasilitas penerangan di kawasan Terminal Rajadesa.

“Ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, kami meminta agar dinas terkait secepatnya memasang fasilitas lampu Mercury,” katanya.

Selama ini, kata Ibah, penerangan kawasan terminal dan jalan umum di sekitarnya hanya mengandalkan penerangan dari cahaya lampu kendaraan dan rumah-rumah warga. Terlebih, fasilitas penerangan jalan umum (PJU) yang dulu terpasang di sekitar Mapolsek sudah sejak lama tidak ada.

“Akibatnya kawasan terminal minim penerangan,” katanya.

Ibah mengungkapkan, pihaknya bersama pemerintah desa sudah berupaya dan berulang kali mengusulkan penambahan fasilitas penerangan di kawasan Terminal Rajadesa. Sayangnya, sampai sekarang usulan penambahan fasilitas penerangan itu belum juga direspon ataupun direalisasi.

Udin, warga sekitar, ketika dimintai tanggapan, Selasa (06/11/2018), mengatakan, setiap malam kawasan Terminal Rajadesa seringkali dijadikan tempat berkumpul kaula muda. Meski berada tidak jauh dari Mapolsek, karena kondisinya gelap kawasan Terminal Rajadesa tetap saja rawan.

“Rawan kecelakaan dan rawan hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Dedi, pengguna jalan asal Rancah, ketika dimintai tanggapan, Selasa (06/11/2018), menilai, penambahan fasilitas penerangan di kawasan Terminal Rajadesa sangat penting. Menurut dia, penambahan fasilitas itu untuk meminimalisir kerawanan, baik kejahatan ataupun kecelakaan. (Dji/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA