Tidak Perlu Minum Obat, Begini Cara Mengatasi Asam Urat Secara Alami

Ilustrasi cara mengatasi asam urat secara alami. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang terkena asam urat. Penyakit ini biasanya terjadi karena gaya hidup, seperti pola makan yang tak sehat atau haya hidup yang tidak aktif. Namun, bagaimana cara mengatasi asam urat secara alami? Mari simak penjelasannya.

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan purin dapat menambah kadar asam urat, sehingga sendi bakal sakit. Seharusnya, asam urat bisa hilang yang keluar melalui urin. Tapi, saat ginjal mengalami disfungsi maka asam urat akan tersimpan di sendi yang akhirnya membentuklah kristal asam urat.

Apabila asam urat tidak keluar atau mengendap di dalam tubuh, maka bisa menyebabkan sakit krinis, bengkak serta sakit pada sendi.

Seperti dijelaskan di atas, bahwa asam urat terjadi karena memakan makanan yang kandungan purinnya tinggi. Makanan tersebut antara lain jeroan atau daging merah. Bukan hanya daging, sayuran juga ada kandungan purin, antara lain bayam, kacang-kacangan, kembang kol serta jamur. Bisa juga kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol.

Sementara cara mengatasi asam urat adalah dengan meminum obat kimia. Tapi sebelum mengkonsumsi obat, bisa dicoba terlebih dulu dengan cara alami. Berikutcara mengatasi asam urat secara alami, yang dirangkum dari berbagai sumber.

# Banyak minum air putih

Normalnya, minum air putih setiap harinya delapan sampai sepuluh gelas. Hal itu dikarenakan supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi serta menjaga urin tetap encer, sehingga tidak akan terjadi kristal asam urat

# Konsumsi ceri

Buah ceri di dalamnya terkandung sifat anti inflamasi yang dipercaya bisa mengurangi kadar asam urat. Hal itu dibuktikan dengan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition. Selain itu, saran dari penulit Pathology and Nutrition  Liliana Stadler Mitrea.

Buah ceri tersebut bisa Anda makan setiap harinya sebanyak 15 sampai 20, atau lebih enak jika dijadikan jus, sehimgga rasa nyeri serta peradangan akan berkurang.

# Jahe

Cara mengatasi asam urat menggunakan cara alami berikutnya menggunakan jahe yang sering digunakan sebagai ramuan herbal yang sudah ada sejak dulu kala.

Ada berbagai macam jahe, namun yang khusus mengatasi asamurat adalah jahe merah. Kandungan yang ada di dalam jahe jenis ini salah satunya adalah nutrisi. Jahe merah juga terkenal sebagai terpedas di semua jenis jahe.

Dengan adanya kandungan anti inflamasi yang ada di dalam jahe, itulah yang menjadi ‘obat’ untuk mengobati rasa nyeri dan peradangan pada sendi.

Jahe juga dipercaya bisa mengatasi asam urat, nyeri pada sendi dan yang paling umum adalah meningkatkan imunitas pada tubuh serta melancarkan pencernaan. Sehingga tidak salah jika jahe sangat baik untuk kesehatan tubuh yang tidak ada efek sampingnya.

Cara membuatnya tidak lah sulit, cukup sediakan dua potong jahe kemudian dibersihkan menggunakan air bersih. Lalu potong tipis-tipis, kemudian potongan jangan yang tipis tersebut masukan ke dalam air rebusan, dan terakhir tambahkan gula merah secukupnya, biarkan sampai mendidih. Jika sudah mendidih diamkan sampai air rebusan jahe terasa hangat dan seduhkan ke dalam gelas.   

# Pisang

Potasium banyak terkadung di dalam pisang, yang bisa merubah kristal asam urat menjadi encer, sehingga dapat dengan mudah mengalir keluar dari tubuh melalui urin. Untuk hasil maksimal atau mengurasi rasa sakit serta peradangan, makan dua buah pisang setiap harinya.

# Lemon

Lemon bisa dijadikan alternatif sekaligus cara mengatasi asam urat. Ya, dengan adanya vitamin C yang terkandung di dalam buah lemon bisa dijadikan zat antioksidan yang kuat. Zat tersebut bisa menetralkan kadar asam urat yang berlebih. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA