Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita TerbaruTidak Perlu Obat, Begini Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

Tidak Perlu Obat, Begini Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Meski bukan penyakit yang berbahaya serta menular, namun orang yang terkena sariawan pastinya sangat menjengkelkan. Pasalnya, sariawan yang diakibatkan karena luka yang terjadi di bibir atau dalam mulut ini, rasanya begitu perih dan bisa mengganggu aktivitas terutama saat makan.

Penyebab sariawan yang paling umum ialah karena kekurangan vitamin B12 atau zat besi, daya tahan tubuh yang lemah, infeksi bakteri atau virus tertentu. Atau bisa juga terjadi karena trauma di jaringan mulut seperti kasus ketika bibir atau lidah tergigit saat makan, lidah tergores bahkan kebiasaan sehari-hari yaitu menyikat gigi yang tidak hati-hati kemudian terkena atau melukai gusi.

Lantas bagaimana cara mengobati sariawan yang terjadi di mulut atau bibir? Ada dua cara yang pertama yaitu dengan obat, yang biasanya ada di apotek. Dan cara kedua dengan menggunakan bahan alami.

Akan tetapi, sangat dianjurkan menggunakan pengobatan alami, karena tidak ada efek samping untuk tubuh. Selain itu, bahannya mudah didapat dan biasanya ada di dapur.

Nah berikut ini cara mengobati sariawan dengan bahan-bahan alami, yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# Ketumbar

Mengobati sariawan dengan menggunakan ramuan herbal dari ketumbar adalah warisan yang diperoleh dari India. Cara pengobatan sariawan menggunakan ketumbar dipercaya dan ampuh dapat mengurangi rasa sakit serta radang yang terjadi di bibir atau mulut.

Caranya tidak lah sulit, cukup sediakan 1 sendok biji ketumbar yang kemudian dimasukkan ke gelas. Setelah itu, saring dan diamkan sampai dingin, kemudian air hasil saringan tersebut pakai untuk berkumur. Supaya hasil maksimal, dalam satu hari sebaiknya dilakukan sebanyak tiga sampai empat kali.

# Santan

Jarang yang tahu kalau santan bisa mengobati rasa perih akibat sariawan. Santan yang berasal dari kelapa ini bisa menenangkan radang di mulut dan sangat efektif meringankan sariawan.

Caranya, siapkan santan satu sendok kemudian dicampur dengan sedikit madu, setelah itu oleskan santan+madu tersebut ke sumber sariawan. Lakukan cara tersebut 3-4 kali dalam satu hari.

# Akar manis

Cara mengobati sariawan menggunakan bahan alami lainnya yaitu dengan menggunakan akar manis. Bahan ini dipercaya bisa mengobati sariawan, pasalnya obat herbal ini cara kerjanya adalah untuk meredakan serta membuat lapisan pelindung yang ada di selaput lendir sehingga bisa menahan iritas, serta redakan peradangan.

Untuk membuat ramuan herbal ini, terlebih dulu 1 sendok akar manis yang sudah disiapkan dan dihaluskan direndam di dalam 2 cangkir air, kemudian diamkan dua sampai tiga jam. Hasil rendaman akar manis tersebut dipakai untuk berkumur sampai sariawan hilang.

# Soda kue

Soda kue mempunyai manfaat untuk meringankan radang serta membasmi bakteri dan virus penyebab sariawan. Satu sendok teh soda kue yang disiapkan ditambah dengan air sedikit sampai membentuk cairan encer. Kemudian oleskan soda kue tersebut ke daerah yang terkena sariawan. Jangan kaget saat mengoleskannya karena akan terasa perih.  

# Es batu

Cara lainnya yang sangat mudah yaitu dengan mengoleskan es batu ke daerah yang kena sariawan. Saat pertama mengoleskan rasanya akan sedikit perih dan panas, namun lama kelamaan akan hilang dengan sendirinya.

# Daun kemangi

Cara mengobati sariawan memakai bahan alami lainnya yaitu dengan daun kemangi. Daun yang satu ini mempunyai sifat anti jamur, bakteri serta viral.

Sebelum membuat remuan herbal dari daun kemangi, terlebih dulu siapkan 4-5 lembar daun kemangi yang sudah dicuci dengan bersih. Lalu kunyah-kunyah ke daerah yang terkena sariawan, kemudian sedikit minum air putih. Supaya hasilnya maksimal, kerjakan 1-2 kali dalam satu hari. Cara tersebut juga ternyata bisa menghilangkan bau napas yang tidak enak. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -