Tips dan Trik WhatsApp yang Mungkin Kamu Belum Tahu, Apa Saja?

Tips dan Trik WhatsApp yang Mungkin Kamu Belum Tahu, Apa Saja?

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Adanya fitur baru WhatsApp berupa stiker memang mengasyikkan. Namun, ada tips dan trik WhatsApp lainnya yang mungkin kamu belum tahu.

Kali ini, HR Online merangkum dari berbagai sumber beberapa tips dan trik WhatsApp yang bisa kamu coba. Mulai dari memperlihatkan status ke orang-orang tertentu saja, menggunakan emoji hati yang special, membungkam semua anggota grup (kalau kamu jadi admin), sampai ganti nomor ponsel. Berikut ini cara-caranya:

Status Hanya Dilihat Orang Tertentu

Sudah dipastikan kamu suka pasang status di WhatsApp kan? Mungkin terkadang kamu merasa status itu tak perlu terumbar ke semua kontak di WhatsApp. Atau kamu cuma ingin status itu hanya dilihat oleh orang tertentu. Semua itu bisa lho, simak caranya di bawah ini.

Masuk ke Settings > Account > Privacy > Status

Ada tiga opsi di sini;
– My contacts = status kamu bisa dilihat semua orang di kontak WhatsApp
– My contacts except = hanya orang-orang tertentu yang tidak dapat melihat kontakmu
– Only share with = hanya orang tertentu saja yang bisa melihat status kamu

Sembunyikan Foto Profil

Ini juga masih soal privasi, karena ada opsi lain untuk mengatur siapa saja yang dapat melihat foto profilmu serta last seen.

Masuk ke Settings > Account > Privacy

Di sini ada beberapa menu, diantaranya;
– Last seen = info last seen kamu bisa terlihat oleh siapa saja.
– Profile photo = ini opsi mengenai kemunculan foto profil kamu yang dapat terlihat oleh siapa saja.

Opsi yang ada adalah semua orang (Everyone), hanya orang-orang yang ada dalam kontakmu (My contacts), dan tidak satu orang pun (Nobody). Ini artinya foto profilmu bisa saja tersembunyi dari orang-orang tertentu.

Cara Membuat Stiker WhatsApp Pakai Foto Sendiri

Jika kamu bosan dengan koleksi stiker yang ada dalam fitur terbaru WhatsApp, kamu juga bisa coba membuat stiker wajah sendiri untuk WhatsApp, sehingga akan lebih seru.

Seperti telah diketahui bahwa kini WhatsApp sudah menambah fitur baru yang memungkinkan penggunanya berkirim stiker, meskipun ada sebagian pengguna yang belum bisa menikmati.

Hanya saja WhatsApp menyediakan pilihan stikernya cukup sedikit. Namun, jangan khawatir, karena pengguna pun dimungkinkan menambahkan stiker buatan sendiri.

Caranya juga tidak sulit, tapi bukan berarti instan, sebab butuh beberapa langkah. Sebelumnya perlu disampaikan juga bahwa cara ini hanya berlaku bagi pengguna Android.

Nah, sebelum bikin stiker sendiri, terlebih dahulu siapkan minimal 3 foto. Disarankan harus foto portrait dengan ragam ekspresi supaya menarik. Lalu, instal tiga aplikasi berikut ini;

– Personal Sticker for WhatsApp
– Background Eraser
– PicsArt

Selanjutnya, kamu sudah bisa mulai membikin stiker WhatsApp dengan foto sendiri. Tetapi, jika ingin stiker lebih menarik disarankan untuk menghapus latar belakang foto. Caranya meliputi;

Buka aplikasi Backgroud Eraser

– Pilih Load a Photo, lalu pilih foto yang akan diedit
– Crop gambar supaya memudahkan dalam proses penghapusan, jika sudah tekan Done
– Hapus latar belakang foto, bisa dengan opsi manual atau magic.

Cara menghapusnya, usapkan jari pada bagian yang akan dihapus. Kalau sudah selesai, tekan done diikuti save.

Tambah dengan kata-kata

Supaya stiker yang kamu buat terlihat menarik, tambahkan kata-kata dengan menggunakan aplikasi PicsArt. Kemudian tekan ikon + untuk memulai pengeditan, dan diikuti dengan memilih foto yang sudah dihilangkan backgroud-nya.

Setelah itu pilih opsi Teks dan tuliskan kata yang kamu inginkan. Jika sudah, simpan gambar tersebut.

Masukkan stiker ke WhatsApp

Guna memasukkan stiker ke dalam WhatsApp, gunakan aplikasi Personal Sticker for WhatsApp. Setelah aplikasi tersebut dibuka, kamu akan langsung mendapat stiker yang telah kamu buat. Untuk menambahkan stiker ke WhatsApp, tekan Add, dan selesai.

Setelah itu tinggal buka WhatsApp, dan lihat di bagian stikernya ada foto stiker yang sudah dibuat. Karena sudah langsung tersedia dan bisa langsung dikirim. Selamat mencoba ya! (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA