Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita PangandaranWarga Khawatir, Abrasi Sungai Cimulih Pangandaran Semakin Parah

Warga Khawatir, Abrasi Sungai Cimulih Pangandaran Semakin Parah

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Akibat banjir yang melanda wilayah Desa Sukahurip, Kecamatan Pangandaran membuat Sungai Cimulih semakin melebar. Pasalnya, sungai yang melintas ke pemukiman warga tersebut sering meluap hingga menyebabkan banjir.

Heru Apriadi, Kaur Perencanaan Desa Sukahurip, mengatakan, melebarnya sungai tersebut akibat terjangan banjir yang membuat dinding sungai semakin tergerus atau mengalami abrasi. Apalagi dalam dua minggu ini wilayahnya itu sudah dua kali meluap hingga menyebabkan banjir.

“Abrasinya dari tahun ke tahun semakin parah, apalagi bila ada banjirnya parah yang mana airnya berasal dari hulu sungai yang diketahui kawasan pegunungan. Kalau tahun 2017 kemarin abrasinya tidak begitu parah, namun saat ini yang mengkhawatirkan dan mencapai 1 meter lebih dengan panjang mencapai 5 kilometer,” kata Heru kepada Koran HR, Senin (19/11/2018).

Karena kondisi abrasi tersebut, lanjut Heru, warga yang berada di Blok Kedungori Pamandegan dan Sindangkasih sangat khawatir dengan dampak abrasi tersebut, apalagi di lokasi TPU Desa Sukahurip hampir beberapa meter lagi akan tergerus air.

“Kami harap pemerintah bisa mencarikan solusi agar abrasi Sungai Cimulih bisa diatasi dengan pengerukan dan pembuatan bronjong. Jika hal ini tidak dilakukan, maka bisa jadi banjir akan semakin parah dan abrasi semakin melebar,” pungkasnya. (Ntang/Koran HR)

- Advertisment -