Warga Kota Banjar Tangkap Ular Sanca Sepanjang 1,7 Meter

Warga menunjukkan ular sanca kembang (Phyton Reticulatus) sepanjang 1,7 meter yang berhasil ditangkap di Jalan Raya Siliwangi, tepatnya di depan lokasi Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Perum Perhutani. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Seekor ular sanca kembang (Phyton Reticulatus) sepanjang 1,7 meter berhasil ditangkap warga Lingkungan Cikadu, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, pada Senin malam (26/11/2018), sekitar pukul 23.50 WIB.

Ular jenis Phyton Reticulatus itu ditangkap saat melintas di Jalan Raya Siliwangi, tepatnya di depan lokasi Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Perum Perhutani. Penangkapan dilakukan karena khawatir ular tersebut masuk ke pemukiman warga,

Sebelum ditangkap, ular pertama kali ditemukan oleh Amir (52), salah seorang warga Cikadu. Ketika itu ia akan pulang setelah ada keperluan dari saudaranya di wilayah Ciaren, Kelurahan Karangpanimbal. Namun, saat di perjalanan, ia melihat ada ular sedang melintas di jalan.

“Karena khawatir masuk ke pemukiman warga, lalu saya memberi tahu teman-teman untuk menangkap ular itu. Penangkapannya dilakukan dengan tangan kosong. Alhamdulillah, akhirnya ular berhasil kami tangkap,” kata Amir, saat ditemui Koran HR, Selasa (27/11/2018).

Enceng (53), warga lainnya, mengatakan, sebelumnya pernah ada ular sanca yang lebih besar dan panjang dari yang ditangkap sekarang. Menurut dia, saat itu ular dengan panjang lebih dari 2 meter kabur melalui drainase, lalu masuk ke aliran pembuangan air yang menuju ke Sungai Citanduy. Namun, ular tersebut kabur ketika akan ditangkap warga.

Sedangkan, ular sanca yang berhasil ditangkap warga itu selanjutnya diberikan  kepada Komunitas Pecinta Hewan Reptil Kota Banjar, untuk dirawat dan dipelihara. “Ular ini akan kami rawat dan kami pelihara,” kata Ipong (26), salah satu anggota Komunitas Pecinta Hewan Reptil Kota Banjar. (Hermanto/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA