3 Atlet Lempar Pisau dan Kapak Ciamis Raih Juara Kejurnas di Depok

Atlet Lempar Pisau dan Kapak Ciamis saat berfoto bersama tim. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- 3 atlet Lempar Pisau dan Kapak berhasil meraih Juara 1, 2 dan 3, dalam Kejuaraan Nasional Lempar Pisau dan Kapak “Indonesian Great Knife & Axe Thrownament 2018” yang digelar di Sarana Olahraga Kampus Universitas Depok yang digelar pada 30 November hingga 2 Desember 2018.

Berdasarkan informasi yang dihimpun HR Online, para atlet Lempar Pisau dan Kapak yang meraih juara tersebut di antaranya juara 1 bernama Tatang Supriadi kategori Longdistance yang berhasil menancapkan pisau sejauh 14 meter, juara 2 diraih oleh Rika Veronika kategori Amatir Spin Puteri dan juara 3 diraih oleh Usep Yudi Sanusi untuk kategori No Spin Amatir Putera.

Koordinator Pengcab FORLEMPIKA Kabupaten Ciamis, Memet Hikmat, mengatakan, bahwa keberhasilan tersebut bisa diraih berkat latihan keras serta doa dari semua pihak, kekompakan klub, serta dukungan dari Pemkab Ciamis.

“Sebetulnya prestasi tersebut di luar dugaan kami. Pasalnya, olahraga lempar pisau ini di Ciamis baru dirintis sekitar setahun yang lalu. Sedangkan di luar itu sudah ada yang 8 hingga 10 tahun,” kata Memet, Senin (03/12/2018).

Ia menambahkan, bahwa dukungan dari Pemkab Ciamis sangat luar biasa, apalagi ketika pelepasan kontingen di Pendopo Ciamis yang mana Bupati H Iing Syam Arifin mengharapkan agar olahraga ini bisa lebih memasyarakat dan menjadi ikon kabupaten Ciamis.

“Beliau (Bupati) juga mengharapkan olahraga Lempar Pisau dan Kapak menjadi salah satu Cabang Olahraga Eksibisi di gelaran Pekan Olahraga dan Seni Daerah Perbatasan Jabar-Jateng (PORSENITAS 2018) yang di gelar di Kota Banjar,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua D’Baledog Peso – Galuh Ciamis,  Andang Susena bersama Ketua Komunitas Lempar Pisau Ciamis Cyber Thrower Valiant (CCTV) Dian Budiyana, berharap setelah dideklarasikannya olahraga lempar pisau dan kapak sejak setahun yang lalu menjadi sebuah Federasi Olahraga Lempar Pisau dan Kapak. Bahkan, ia tidak menyangka jika mimpi itu bisa menjadi sebuah kenyataan, yakni olahraga ini bisa diakui oleh KONI sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan dalam even-even resmi seperti PON.

“Untuk penjaringan bibit altet, khususnya atlet muda termasuk atlet di bawah 17 tahun, kami mengajak kepada masyarakat Kabupaten Ciamis yang berminat terhadap olahraga ini untuk mencari informasi melalui sekretariat-sekretariat klub, yaitu Saung Kopi Poek Mongkleng Jl. Sadananya no 76 Kereteg mekarjadi Ciamis (D’Baledog Peso Galuh Ciamis) dan Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Ciamis untuk klub Ciamis Cyber Thrower Valiant (CCTV),” pungkasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA