4 Bulan Sekali, Karang Taruna dan Puskesmas di Ciamis Ini Gelar Donor dan Test HIV/AIDS

Puskesmas Kecamatan Pamarican,bekerjasama dengan Karang Taruna Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar acara bakti sosial donor darah dan pemeriksaan HIV/ AIDS, Selasa (18/12/2018). Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Pamarican, bekerjasama dengan Karang Taruna Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar acara bakti sosial donor darah dan pemeriksaan HIV/AIDS, Selasa (18/12/2018).

Kepala UPTD Puskesmas Pamarican, Tata Sudinta, ketika ditemui Koran HR, Selasa (18/12/2018), menjelaskan bahwa kegiatan tersebut akan menjadi agenda rutin pihaknya bersama dengan Karang Taruna.

“Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan. Kami sudah berkoordinasi dan bekerjasama dengan Karang Taruna mengadakan kegiatan baksos donor darah. Insyaallah kedepannya akan dilaksanakan setiap empat bulan sekali,” katanya.

Menurut Tata, selain donor darah, pihaknya juga menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tentang bahaya HIV/ AIDS. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan pemeriksaan atau tes HIV/ AIDS.

Ketua Karang Taruna Pamarican, Baehaqi Efendi, ketika ditemui Koran HR, Selasa (18/12/2018), membenarkan, kerjasama antara Karang Taruna dengan Puskesmas Pamarican baru kali pertama dilaksanakan.

“Insyaallah, setelah kami melakukan koordinasi dengan Karang Taruna 14 desa, kami sepakat mendukung kegiatan ini kedepannya. Dan alhamdulillah hari ini lebih dari 50 orang anggota datang dan mendonorkan darah,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Barat, Oyat Nurayat, menyambut baik kegiatan yang diselenggarkan Karang Taruna dan Puskesmas Kecamatan Pamarican.

“Kami merasa bangga rekan Karang Taruna Kecamatan Pamarican berperan aktif. Semoga kedepanya lebih kompak lagi. Dalam hal ini, donor darah merupakan amal ibadah yang sangat luar biasa. Setetes darah yang kita sumbangkan sangat berharga bagi yang membutuhkannya,” kata Oyat. (Suherman/Koran-HR)