7 Cara Ampuh Mengatasi Masuk Angin

7 Cara Ampuh Mengatasi Masuk Angin. Photo : Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Anda tentunya merasa tersiksa ketika masuk angin menyerang. Agar bisa tetap beraktifitas, ada banyak cara mengatasi masuk angin yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan bahan alami.

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (17/12/2018), sebetulnya penyakit masuk angin itu tidak ada. Namun, yang dimaksud penyakit di sini adalah saat tubuh dipenuhi gas yang diproduksi secara berlebih oleh lambung.

Ada banyak faktor penyebab produksi gas berlebih, mulai dari pola makan tak teratur, stres, hingga terlalu lelah. Jika saat ini Anda sedang terserang gangguan masuk angin dan ingin cepat mengenyahkannya, berikut ini beberapa cara mengatasi masuk angin dengan menggunakan bahan alami;

Kapulaga

Kapulaga dapat membantu meningkatkan produksi cairan pada pencernaan serta mengurangi produksi gas. Selain itu, kapulaga juga akan membantu mengurangi kembung. Untuk mengobati masuk angin, kunyah kapulaga setidaknya 2-3 kali sehari.

Adas

Adas juga termasuk rempah kuno yang bisa membantu meredakan serangan masuk angin. Kunyah setengah sendok teh adas sangat baik untuk mencegah pembentukan gas, mengurangi kembung dan mulas, serta menenangkan saluran pencernaan.

Jahe

Mengunyah jahe juga bisa membantu meredakan masuk angin dan perut kembung. Hal ini karena jahe mempunyai sifat yang dapat menyembuhkan otot gastrointestinal yang bisa meringankan sakit perut.

Jahe juga mengandung senyawa gingerols yang mampu mengatasi rasa sakit, peradangan, kuman serta virus. menurut sebuah penelitian tahun 2005 di Universitas Johns Hopkins di Baltimore, jahe dapat menekan senyawa peradangan.

Selain dikunyah langsung, sebaiknya minum teh jahe atau air jahe tanpa ditambahkan gula. Teh jahe adalah cara yang terbaik untuk mengobati masuk angin.

Peppermint

Guna meningkatkan kesehatan pencernaan, peppermint juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan aliran empedu. Anda bisa mengonsumsi peppermint dalam bentuk teh.

Teh Chamomile

Dengan minum teh chamomile adalah solusi yang efektif untuk mengobati masuk angin dan membuat Anda jadi mudah bersendawa begitu selesai meminumnya.

Madu dan Lemon

Seperti telah kita ketahui bahwa madu terbuat dari serbuk sari bunga, serta enzim dalam air liur lebah yang mempunyai antioksidan, sifat antivirus, serta anti bakteri. Semua kandungan tersebut dapat mengatasi masuk angin dengan ampuh. Bahkan, antioksidan dalam madu juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Caranya membuat obat masuk angin dengan bahan alami ini Anda cukup tambahkan dua sendok makan madu ke dalam secangkir air hangat, air matang atau teh hijau. Tambahkan pula beberapa sendok teh perasan lemon. Buah ini untuk meningkatkan vitamin C.

Makanan Pedas

Makanan pedas biasanya membuat hidung kita meler atau mengeluarkan cairan. Konsumsi makanan pedas juga bisa menghilangkan masuk angin karena sifatnya dapat menghangatkan badan.

Selain itu, bawang putih, jahe dan cabai adalah semua anti-peradangan yang telah terbukti ampuh menjinakkan iritasi di tenggorakan, hidung, saluran pernapasan bagian atas, dan juga mengatasi masuk angin.

Penyakit masuk angin dalam dunia kedokteran sebenarnya tidak ada. Jadi, sebaiknya Anda tidak mengobatinya dengan meminum obat berbahan kimia, tapi lebih memilih obat-obatan yang alami seperti tersebut di atas. (Eva/R3/HR-Online)