Aktifitas Rutin Ini Berbahaya untuk Kesehatan

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Pola hidup yang sehat bukan hanya dilihat dari apa yang dimakan saja, tetapi juga harus dilihat dari aktifitas rutin yang sering dilakukan, apakah terdapat dampak bagi kesehatan atau tidak. Berikut ini adalah aktifitas berbahaya bagi kesehatan tubuh yang sering dilakukan.

  1. Duduk Terlalu Lama

Pekerjaan atau aktifitas yang menuntut Anda untuk duduk di kursi selama sepanjang hari terbukti membahayakan bagi kesehatan tubuh Anda. Akibat utama dari duduk sepanjang hari adalah penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung, menurut hasil penelitian.

Sebuah penelitian pada tahun 2015, menunjukkan wanita yang duduk berjam-jam ketika bekerja. Wanita yang duduk lebih dari 6 jam, memiliki resiko terkena kanker payudara, kanker ovarium dan multiple myeloma. Berbeda dengan wanita yang duduk kurang dari 3 jam.

Hasil penelitian tersebut tidak berlaku untuk pria yang duduk lebih dari 6 jam dalam sehari. Kecuali pada pria yang memiliki masalah kegemukan atau obesitas. Pria yang memiliki masalah obesitas yang banyak menghabiskan harinya dengan duduk di kursi akan memiliki resiko kanker yang tinggi.

Salah satu cara menanggulangi dampak duduk lama adalah berolahraga. Misalnya, menggerakkan badan , berjalan-jalan atau melakukan aktifitas yang menuntut tubuh untuk bergerak.

  1. Menggunakan Smartphone Sebelum Tidur

Di zaman sekarang, smartphone sudah berubah menjadi kebutuhan pokok, dimana orang sudah tidak bisa lepas dari benda ini. Tetapi, tahukah kamu bahwa terdapat akibat yang ditimbulkan jika kamu sering menggunakan smartphone sepanjang hari dalam waktu yang lama.

Menurut hasil pengamatan tahun 2016, mengungkapkan bahwa banyak orang dewasa yang menghabiskan waktu lebih untuk menggunakan smartphone mereka sebelum tidur. Sehingga mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur dan kualitas tidurnya pun tidak baik.

Banyak yang beranggapan bahwa memainkan smartphone sebelum tidur akan membuat lebih cepat tidurnya. Padahal anggapan tersebut tidak benar. Para ahli mengungkapkan bahwa sinar biru smartphone menekan produksi hormon melatonin otak. Hormon ini mengakibatkan sulit mengantuk dan justru tidurnya menjadi lebih lama.

Smartphone yang digunakan sebelum tidur akan membuat mata sulit mengantuk. Kondisi itu berakibat pada kualitas tidur yang tidak baik. Tidur yang tidak cukup dan kualitas tidur yang tidak baik dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA