Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi WhatsApp Bakal Luncurkan Fitur Transfer Uang Antar Pengguna

Aplikasi WhatsApp Bakal Luncurkan Fitur Transfer Uang Antar Pengguna

Berita Teknologi (harapanrakyat.com),- Aplikasi WhatsApp dikabarkan akan meluncurkan kembali fitur baru untuk mentransfer uang antar pengguna.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/12/2018), layanan pembayaran digital lewat aplikasi ini memang bukan hal baru. Sebelumnya, di awal tahun lalu aplikasi WhatsApp telah meluncurkan layanan pembayaran digital peer-to-peer dalam versi beta di India, sebagai salah satu pasar terpentingnya.

Kabar tersebut kini kembali mencuat, di mana fitur barunya itu sama seperti pembayaran digital peer to peer, dan WhatsApp juga akan mulai menerapkan fitur tersebut di India.

Dilansir The Verge, WhatsApp mengandalkan stablecoin (sejenis mata uang digital/cryptocurrency) sebagai layanan milik sendiri. Tapi kemungkinan masih perlu waktu sebelum fitur transfer uang ini siap digunakan.

Sebab, saat ini Facebook disinyalir masih menggodok strategi apa yang bakal diterapkan pada stablecoin yang dikaitkan ke dollar AS untuk meminimalisir terjadinya fluktuasi nilai.

Bukan tanpa alasan aplikasi pesan instan tersebut menyasar pasar transfer uang (remittance) di India. Karena, berdasarkan keterangan dari World Bank, India merupakan Negara menerima remitansi senilai 69 miliar dollar AS dari warganya yang bekerja di luar negeri.

Tahun 2019 Status WhatsApp bakal Disusupi Iklan

Iklan kemungkinan akan menjadi lahan bisnis yang bakal dijalani serius oleh WhatsApp. Pasalnya, aplikasi tersebut rencananya ingin menghadirkan iklan di fitur statusnya.

Seperti yang dilaporkan The Verge, bahwa hal itu telah dikonfimasi pihak WhatsApp melalui salah satu petingginya yang menjelaskan, sekarang ini aplikasi pesan singkatnya akan menjalankan iklan.

Dikabarkan pula WhatsApp bakal menempatkan iklan di status. Alasannya, skema ini dapat menjadi ladang pundi-pundi baru bagi WhatsApp untuk ke depannya. Khususnya buat para pelaku bisnis yang nantinya bisa berhubungan langsung ke target sasaran konsumennya.

Meski rencana ini menjadi tujuan masa depan, namun dikabarkan WhatsApp akan disusupi iklan pada tahun 2019 mendatang. Memang kabar tersebut sebelumnya sudah beredar bocoran mengenai iklan WhatsApp di platform iOS dan Android.

Sebelumnya juga telah beredar kabar bahwa monetisasi WhatsApp bakal didukung sepenuhnya oleh fasilitas sistem periklanan Facebook, yang menginduki Instagram dan WhatsApp. Kemungkinannya skema iklan di WhatsApp akan serupa dengan yang ada di Instagram. (Eva/R3/HR-Online)